Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI di Bumi Tambun Bungai

PALANGKA RAYA – Gelora semangat mengenang jasa para Pahlawan dan memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan RI diwarnai dengan berbagai perlombaan dari tingkat kampung, instansi, daerah, bahkan hingga tingkat nasional. Gegap gempita lomba perayaan kemerdekaan tersebut juga disinggung Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Said Ismail dalam sambutannya pada Peringatan Detik-detik Proklamasi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2018 di Lapangan Sanaman Mantikei Palangka Raya, Jumat (17/8).

Pada kesempatan tersebut, Wagub juga mengingatkan masyarakat Indonesia khususnya Kalteng untuk mengisi kemerdekaan sesuai cita-cita para pahlawan. “Sekarang bagaimana kita mengisi kemerdekaan sesuai dengan cita-cita para pahlawan, karena kita belum menuntaskan kebodohan atau melepas keterisolasian daerah tertinggal,” kata Wagub.

(Baca Juga : Kumai, Salah Satu Titik Singgah Wonderful Sail To Indonesia Rally 2018)

Orang domor dua di Bumi Tambun Bungai itu juga berharap semua elemen masyarakat menyatukan visi dan misi untuk mengisi kemerdekaan. “Sesuai tema tahun ini, "Kerja Kita Prestasi Bangsa", mari kita isi kemerdekaan dengan bekerja sama membangun provinsi kita,” tegasnya.

Selepas peringatan detik-detik proklamasi pada siang harinya, Wagub meluncur ke Lapas Kelas II.a Palangka Raya untuk menghadiri penyerahan SK penerimaan remisi secara simbolis kepada para narapidana. Total terdapat 1.799 narapidana se-Kalteng yang mendapat remisi HUT ke-73 kemerdekaan RI. Dari jumlah tersebut, 70 di antaranya langsung bebas.

Sementara itu, pada sore harinya sekitar pukul 16.00 WIB digelar Upacara Penurunan Sang Merah Putih dalam rangka Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI tingkat Provinsi Kalteng tahun 2018 di Lapangan Sanaman Mantikei Palangka Raya. Selanjutnya, pada malam 17 Agustus digelar Syukuran dalam rangka Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Istana Isen Mulang Palangka Raya dan pada keesokan harinya di Tugu Soekarno Palangka Raya digelar Festival Tari Dayak Kebangsaan dalam rangka HUT ke-73 Kemerdekaan RI serta HUT ke-2 Dewan Adat Dayak Kalteng. Parade Budaya Lintas Etnis dimulai pada Sabtu (18/8) siang dan dipusatkan di Bundaran Besar Palangka Raya.

 

Kepala Daerah