Kalteng Lepas Relawan Tagana dan PMI ke NTB

PALANGKA RAYA – Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, melepas Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk ditugaskan membantu para korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Acara pelepasan para relawan yang terdiri dari 10 Tagana, 3 anggota PMI, dan 5 pendamping tersebut dilaksanakan di Kantor Dinas Sosial Kalteng, Rabu (5/9), serta dihadiri Kepala Dinas Sosial Kalteng Suhaemi, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kalteng drg. Yayuk Indriarti, dan Kepala Ispektorat Kalteng Sapto Nugroho.

Para relawan rencananya akan bertugas selama 10 hari di NTB, namun Kalteng siap kembali menerjunkan relawan untuk misi kemanusiaan ke provinsi tersebut jika diperlukan. Menurut Pj. Sekda, selain mengirimkan relawan, Kalteng juga memberikan bantuan dana kemanusiaan. “Pemprov Kalteng juga memberikan bantuan uang senilai Rp 10 miliar,” jelasnya.

(Baca Juga : Anjangsana dalam Rangkaian HUT Ke-73 Kemerdekaan RI)

Pj. Sekda menyampaikan, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyambut baik pengiriman relawan ke NTB sebagai wujud kepedulian warga dan pemerintah Provinsi Kalteng terhadap bencana gempa bumi yang melanda provinsi tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kalteng mengatakan, para relawan yang diberangkatkan pekan ini akan bertugas di Lombok Utara yang menderita kerusakan paling parah akibat gempa. “Para relawan akan ditempatkan di Lombok Utara yang kerusakannya paling parah,” ungkapnya.

Kepala Daerah