Pemprov Dukung Pengoperasian Kapal Kemanusiaan di Kalteng

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendukung pengoperasian Kapal Kemanusian 07 di Bumi Tambun Bungai oleh Asia Muslim Charity Foundation (AMCF). Saat peresmian kapal tersebut di Swiss Belhotel Danum, Palangka Raya, Rabu (5/9), Pj.

Sekda Fahrizal Fitri mengatakan, AMCF dapat berkoordinasi dengan pemerintah daerah atau organisasi kemasyarakatan yang ada di Kalteng untuk mengoptimalkan pemanfaatan Kapal Kemanusiaan 07. “Masih ada daerah yang hanya bisa dijangkau melalui sungai. Karena itu, kapal kemanusiaan tersebut diharapkan bisa membantu berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat,” papar Pj. Sekda yang juga melakukan pengecekan kapal dan susur sungai.

(Baca Juga : Gubernur Instruksikan Pembentukan Tim Terpadu Pencegahan Karhutla)

Pj. Sekda berharap, AMCF akan berkoordinasi dengan instansi pemerintah, seperti BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan Basarnas, serta organisasi kemasyarakatan yang ada di Kalteng untuk mengoptimalkan pemanfaatan kapal tersebut yang utamanya diperuntukkan untuk masalah kemanusiaan. Adapun pemerintah, bisa memadukan program kegiatannya untuk menunjang pelayanan kesehatan atau bahkan yang berkaitan dengan kedaruratan.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina AMCF, Achmad Yamin, mengatakan bahwa kapal tersebut merupakan kapal kemanusiaan ketujuh yang dioperasikan di Indonesia setelah kapal-kapal kemanusiaan yang dioperasikan di Kalimantan Barat, Papua Barat, Maluku Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Nusa Tenggara Timur.

Menurutnya, secara tidak langsung kapal tersebut bisa membantu program-program pemerintah karena difungsikan untuk berbagai misi kemanusian, seperti memberikan bantuan sosial, pendidikan, dan mobilisasi di daerah yang sulit dijangkau melalui darat. “Kapal kedelapan menurut rencana akan ditempatkan di Kalimantan Timur,” imbuh Achmad.

 

Kepala Daerah