1.1.   Latar Belakang

Di tingkat nasional, Pemerintah telah melakukan upaya untuk mengurangi kesenjangan gender dan mewujudkan kesetaraan gender di berbagai bidang pembangunan dengan menerapkan pengarusutamaan gender melalui Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender. Dalam Pembangunan Nasional, mengamanatkan bagi semua Kementerian, dan Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota untuk melakukan pengarusutamaan gender sehingga seluruh proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi dari seluruh kebijakan, program dan kegiatan di seluruh sektor pembangunan mempertimbangkan aspek gender.

Data Terpilah merupakan informasi awal sebagai pembuka wawasan dan juga sebagai salah satu indikator dalam melihat tingkat partisipasi gender, sehingga menjadi faktor yang sangat penting dalam pengarusutamaan gender.  Penyediaan data terpilah dibutuhkan untuk memperoleh informasi pembuka wawasan yang dapat menggambarkan kondisi, kebutuhan, persoalan yang dihadapi perempuan dan laki-laki terkait dengan akses, partisipasi, control dan manfaat dalam pembangunan. Penyediaan data terpilah diberbagai sektor sudah merupakan keharusan, sesuai dengan kesepakatan global agar pemerintah dapat melaporkan keberhasilannya dalam upaya memenuhi komitmen global, untuk mengurangi atau meniadakan kesenjangan gender dan meningkatkan kesetaraan gender dalam pembangunan. Data tersebut sangat dibutuhkan untuk menyusun analisis gender dalam perencanaan dan penganggaran berbasis kinerja, maupun untuk mereformulasikan kebijakan.

Mengingat pentingnya ketersediaan data pilah di Provinsi Kalimantan Tengah untuk mendukung perencanaan dan evaluasi program kegiatan pembangunan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  Provinsi Kalimantan Tengah berusaha menyusun Data Terpilah yakni Data yang dipilah berdasarkan jenis kelamin laki-laki dan perempuan serta berdasarkan usia anak dan dewasa. Hasilnya kemudian di susun dalam sebuah buku serta disusun menjadi Basis Data (Data Base).  Sehubungan dengan hal tersebut, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama BPS dan Universitas Palangka Raya menyusun Data Terpilah Provinsi Kalimantan Tengah yang responsif gender.

 

1.2.   Maksud dan Tujuan

Penyusunan data terpilah provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2012 dimaksudkan untuk dapat memberikan gambaran secara statistik mengenai kesenjangan gender dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, hukum serta masalah sosial yang dihadapi perempuan dan laki-laki.  Khususnya dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Propinsi Kalimantan Tengah.

Tujuan penyusunan data terpilah ini dapat digunakan untuk menyusun analisis gender dalam perencanaan dan penganggaran berbasis kinerja, maupun untuk mereformulasikan kebijakan dan evaluasi program-program analis gender pada tingkat regional sehingga perumusan perencanaan dan kebijakan program tentang peningkatan peranan perempuan lebih tepat sasaran.


 

1.3.   Manfaat

Beberapa manfaat dari data terpilah adalah sebagai berikut :

1.     Sebagai baseline/pe

2.     Digunakan dalam melakukan analisis gender melalui Gender Analisis Pathway (GAP) atau gender check list yang diperlukan untuk penyusunan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) yang berbasis kinerja.

3.     Sebagai dasar untuk mengintervensi/mereformulasi kebijakan/program/ kegiatan pembangunan yang responsif gender.

 

1.4.   Sumber Data

Sumber data terpilah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2012 adalah Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS), Sensus Penduduk (SP), Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS), Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) dan data sekunder atau data yang berasal dari hasil penelitian dan dinas/SKPD terkait.

 

Untuk selengkapnya, mengenai buku data terpilah gender dan anak 2011 Provinsi Kalimantan Tengah dapat menghubungi Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah. Alamat jl. Brigjen Katamso No.11 Telp/fax (0536)3224547 atau melalui email bp3akkb.kalteng@gmail.com



Komentar menunjukkan dedikasi kita...

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren