Berdasarkan Pasal 255 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, ditegaskan bahwa Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, Menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman, serta Menyelenggarakan perlindungan masyarakat. Berkenaan dengan hal tersebut, perlu ditegaskan beberapa hal penting sebagai berikut :

1.    Satuan Polisi Pamong Praja dalam hal penegakan aturan berwenang :

  • melakukan tindakan penertiban nonyustisial terhadap warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum yang melakukan pelanggaran atas Peraturan Daerah (Perda) dan/atau Peraturan Kepala Daerah (Perkada);
  • menindak warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum yang mengganggu ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat;
  • melakukan tindakan penyelidikan terhadap warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum yang diduga melakukan pelanggaran atas Perda dan/atau peraturan kepala daerah; dan
  • melakukan tindakan administratif terhadap warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum yang melakukan pelanggaran atas Perda dan/atau peraturan kepala daerah.

2.    Kewibawaan pemerintahan daerah, salah satu indikator kinerja utamanya dilihat dan dinilai dari kinerja Satpol PP dalam upaya mengawal penegakan perda dan perkada agar dapat berjalan sesuai dengan tujuan dari penetapannya.

3.    Dalam hal optimalisasi penegakan perda dan/atau perkada, Satpol PP sebagai ujung tombak penegakan aturan-aturan tersebut membutuhkan kerjasama dan koordinasi antar Satuan Kerja Perangkat Daerah agar perda dan/atau perkada, dapat dilaksanakan dengan baik dan konsisten.

4. Satpol PP Provinsi Kalimantan Tengah dalam upaya merespon berbagai laporan dan pengaduan telah meluncurkan Inovasi Pelayanan Publik, dengan Membuka Unit Layanan Pengaduan yang berfungsi sebagai saluran pengaduan dan penanganan penindakan cepat terhadap berbagai laporan sesuai dengan Standar Operasional dan Prosedur yang telah diatur dalam Keputusan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor : 188.44/49/2013 tentang Standar Operasional dan Prosedur Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kalimantan Tengah.

LAPORAN DAN PENGADUAN DARI SEGENAP KOMPONEN MASYARAKAT SANGAT DIHARAPKAN DEMI TEGAKNYA PERDA DAN PERKADA DI PROVINSI KALIMANTAN TENGAH, GUNA MEWUJUDKAN KALTENG YANG AMAN, TERTIB DAN BERKAH.

 



  makasih by yuayu @ February, 23 2017 01:40 [balas komentar] [lapor]

makasih atas informasinya

harga kawasaki ninja

 

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren