JAKARTA – Dalam rangka tindak lanjut peluncuran Inisiatif Lahan Gambut Global (Global Peatland Initiatives/GPI) pada Konferensi Para Pihak (Conference of Parties) Perubahan Iklim ke-22 tahun 2016 di Marrakesh, Maroko,  Badan Restorasi Gambut (BRG) dan United Nations Environment Programme (UNEP) menyelenggarakan The 2nd Partner Meeting GPI pada 15—17 Mei 2017 di Jakarta.

Sebagaimana diketahui, GPI bertujuan untuk mereduksi emisi gas rumah kaca global melalui peningkatan kegiatan konservasi, restorasi dan pengelolaan lahan gambut berkelanjutan di negara-negara dengan simpanan karbon di lahan gambut yang besar, sehingga memberikan manfaat bagi peningkatan pertanian, keanekaragaman hayati dan iklim.

Mewakili Gubernur Kalimantan Tengah, Wakil Gubernur Habib Said Ismail ambil bagian dalam pertemuan GPI di Sasono Mulyo Function Room, Le Meridien Hotel, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (15/5).

Dalam tanggapannya, Wagub Habib Said Ismail mengatakan bahwa target BRG untuk melakukan rehabilitasi gambut di Kalteng harus segera direalisasikan. “Kami melihat sudah berjalan hampir satu tahun belum ada aksi nyata, terutama untuk berapa pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, lahan gambut Kalteng khususnya di Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Kapuas, menurut Wagub, adalah daerah rawan kebakaran, sehingga harus menjadi perhatian utama pencegahan dan penyadartahuan masyarakat. “Terutama bagaimana caranya untuk mengalihkan kegiatan pengelolaan lahan dengan pembakaran menjadi pengolahan lahan tanpa bakar dan alternatif-alternatif lainnya.

Lebih lanjut Wagub mengatakan, saat ini untuk kegiatan patroli Karhutla telah digalakkan oleh berbagai elemen TNI, Polri, institusi-institusi lainnya dan masyarakat. Namun, menurutnya, kegiatan tersebut kurang didukung oleh anggaran yang cukup. Untuk itu, BRG diharapkan dapat memfasilitasi giat patroli oleh berbagai institusi dan masyarakat tersebut karena dinilai sangat efektif untuk mencegah aktivitas Karhutla.

 

Sumber : Bidang Layanan E-Government Diskominfosantik Prov. Kalteng,  Biro Protokol dan Komunikasi Publik Kalteng



Komentar menunjukkan dedikasi kita...

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren