SAMPIT – Acara puncak peringatan Hari Jadi Ke-60 Provinsi Kalimantan Tengah di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Selasa (23/5), dihadiri Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran selaku Inspektur Upacara. Di sela kegiatan, dilakukan penandatangan spanduk Gerakan Kalteng Anti Penyebaran Informasi Bohong (Hoax) dan peluncuran secara resmi akun media sosial pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota se-Kalteng. Selain itu, dilaksanakan pemberian penghargaan kepada tenaga kesehatan Puskesmas berprestasi.
Peringatan hari jadi Provinsi Kalteng tahun ini sendiri mengambil tema “Dengan Semangat Hari Jadi Ke-60 Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2017, Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan untuk Mencapai Kalimantan Tengah BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis).”
Ratusan tamu undangan hadir dalam acara ini, seperti Wakil Gubernur Kalteng Habib Said Ismail, Forkopimda provinsi,kepala SOPD Pemprov, kepala instansi vertikal, unsur pimpinan dan anggota DPRD Kalteng, anggota DPD dan DPR RI Dapil Kalteng, bupati/walikota se-Kalteng, kepala DPRD kabupaten/kota se-Kalteng, mantan gubernur dan wakil gubernur Kalteng, Forkopimda Kabupaten Kotim, serta Kepala SOPD Kabupaten Kotim.
 
Sementara itu sebelumnya, Wakil Gubernur Habib Said Ismail melepas para peserta karnaval dalam Pembukaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) pada Jumat (19/5) siang, serta membuka secara resmi pameran Kalteng Quality Expo (KQE) pada malam harinya di Stadion 29 November Sampit sebagai bagian dari rangkaian kegiatan peringatan hari jadi ke-60 Provinsi Kalteng. Wagub berharap, kegiatan yang berlangsung hingga 22 Mei 2017 ini mampu menarik investor dan wisatawan.
Beberapa acara sejenis juga digelar pekan lalu, seperti Sampit Expo 2017, Sampit Etnik Karnaval, Borneo Island International Bike Festival, dan Kalimantan Bike Week 2017. Acara tersebut dihadiri ratusan pecinta Harley Davidson dan motor besar dari berbagai wilayah di Indonesia dan negara tetangga.
Selain FBIM dan KQE yang dirangkai dengan Kejurprov Catur Kalteng dan malam hiburan di Stadion 29 November Sampit, rangkaian peringatan HUT ke-60 Provinsi Kalteng juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya, seperti bhakti sosial berupa anjangsana dan pemberian santunan di Panti Asuhan Bahagia, Panti Asuhan Annida Qalbu, Panti Asuhan Putra Borneo, Sabilal Muttaqin, dan Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Sampit. Peringatan tahun ini juga dimeriahkan dengan turnamen tenis meja dan final bola voli di Gedung Olahraga Habaring Hurung pada Senin (22/5) malam.
Seusai upacara peringatan Hari Jadi ke-60 Provinsi Kalteng yang digelar di Stadion 29 November Sampit, para tamu undangan selanjutnya menghadiri acara syukuran di Gedung Serbaguna Sampit. Ada pemandangan menarik saat acara syukuran berlangsung. Dalam acara tersebut, Gubernur Sugianto Sabran menyuapi Wakil Gubernur Habib Said Ismail pada prosesi potong tumpeng. Potongan tumpeng juga diberikan kepada sejumlah kepala daerah lainnya yang hadir dalam acara tersebut. Gubernur pun mengajak semua pihak untuk berdoa bersama agar Kalteng semakin maju, damai, aman, dan berkah.
Pada kesempatan yang sama, selain mengapresiasi pelaksanaan HUT di Kotim, Wagub menyampaikan bahwa HUT Kalteng tahun 2018 mendatang akan dilaksanakan di Kabupaten Kapuas. "Pelaksanaan HUT Kalteng jangan jadi masalah karena masalah yang harus kita perhatikan adalah menghilangkan kemiskinan, menaikkan PAD, dan memberantas peredaran Narkoba yang merusak generasi muda," katanya.
Selanjutnya, selepas mengikuti puncak peringatan Hari Jadi Ke-60 Provinsi Kalteng, Gubernur Sugianto Sabran menuju Desa Eka Bahurui, Kecamatan Mentawa Baru, Ketapang untuk mengikuti acara puncak peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBRGM) Ke-14 dan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Ke-45 serta Hari Keluarga Nasional Ke-24 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2017.
Kegiatan tersebut tahun ini mengambil tema “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, Hari Kesatuan Gerak PKK dan Hari Keluarga Nasional, Kita Dayagunakan Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa sebagai Mitra Pemerintah Desa.” Adapun sub tema kegiatan kali ini adalah “Melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, Hari Kesatuan Gerak PKK dan Hari Keluarga Nasional, serta dengan Falsafah Huma Betang, Kita Pertahankan Tradisi Gotong Royong sebagai Wujud Kerjasama Masyarakat Menuju Kalteng BERKAH.”
Pada malam harinya, digelar acara penutupan FBIM dan malam hiburan rakyat di Stadion 29 November Sampit.

 

Sumber : Bidang Layanan E-Government Diskominfosantik Prov. Kalteng,  Biro Protokol dan Komunikasi Publik Kalteng



  komentar by adin @ May, 29 2017 15:51 [balas komentar] [lapor]

Sangat menarik, sukses selalu buat kalteng

harga tv led samsung

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren