PALANGKA RAYA – Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6), untuk tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kalteng dengan Wakil Gubernur Habib Said Ismail bertindak sebagai Inspektur Upacara.

 

Dalam sambutan yang dibacakan Wagub Habib Said Ismail, bahwa Presiden RI Joko Widodo menegaskan bahwa Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar untuk kali pertama ini meneguhkan komitmen Bangsa Indonesia agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 


 

Presiden Joko Widodo juga mengingatkan bahwa kodrat Bangsa Indonesia adalah keberagaman. Namun, kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia kini tengah menghadapi tantangan dan kebhinekaan sedang diuji. Untuk itu, Presiden mengajak seluruh komponen bangsa untuk menjaga ideologi Pancasila dalam rangka menyelamatkan bangsa ini dari ancaman radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara sebagaimana telah terjadi di beberapa negara lain.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mengimplementasikan komitmen penguatan Pancasila, antara lain melalui Keputusan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila. Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang terintegrasi dengan program-program pembangunan. Pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya menjadi bagian integral dari pengamalan nilai-nilai Pancasila. Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni sendiri, sebelumnya telah ditetapkan sebagai hari libur nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

 Selanjutnya, sebagai bagian dari peringatan kali ini, pada Kamis (1/6) sore digelar Refleksi Peringatan Hari Lahir Pancasila sekaligus Buka Puasa Bersama di Tugu Soekarno, Palangka Raya. Selain Wagub Kalteng dan anggota Forkopimda Kalteng lainnya serta perwakilan dinas/badan dan instansi vertikal, kegiatan ini juga terbuka untuk masyarakat umum.

 

Sumber : Bidang Layanan E-Government Diskominfosantik Prov. Kalteng,  Biro Protokol dan Komunikasi Publik Kalteng



Komentar menunjukkan dedikasi kita...

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren