PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran memimpin pelaksanaan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Lapangan Sanaman Mantikei Palangka Raya, Kamis (17/8).

Upacara Detik-detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera Merah putih dalam rangka memperingati Dirgahayu Kemerdekaan RI dilaksanakan di semua kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah. Untuk Kota Palangka Raya, dilaksanaan bersama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di Sanaman Mantikei. Sebelumnya, meski hujan mengguyur Kota Palangka Raya dan beberapa wilayah di Kalteng pada Kamis pagi, upacara tetap berlangsung di sejumlah instansi.

Dalam upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI yang tahun ini mengambil tema “Indonesia Kerja Bersama” tersebut, Gubernur Kalteng berharap adanya perbaikan atau peningkatan dalam pelayanan kepada masyarakat. “Hal ini harus disadari kita semua bahwa seiring bertambahnya tuntutan masyarakat terhadap perbaikan pelayanan yang efektif, efisien dan memuaskan, Pemerintah harus cepat tanggap dalam merespon tuntutan tersebut,” kata Gubernur.
Terkait hal itu, Gubernur berharap kepada pemerintah daerah, dunia usaha dan masyarakat agar menciptakan suasana yang kondusif dengan meningkatkan koordinasi, komunikasi, sinkronisasi, dan sinergitas yang lebih intensif guna menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam rangka menuju KALTENG BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis).
 
 
Lebih lanjut Gubernur meminta masyarakat agar tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu SARA. “Jadikan Pancasila sebagai dasar negara yang menjadi perekat persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indonesia,” tegasnya.
Gubernur juga menyinggung pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2018 mendatang. Dipaparkannya, “Di Provinsi Kalimantan Tengah ada 10 Kabupaten dan 1 kota yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah. Pada kesempatan yang baik ini, saya menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat, organisasi sosial politik, organisasi keagamaan dan aparatur pemerintah untuk bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif agar pemilihan kepala daerah dapat terselenggara secara tertib, lancar, aman dan damai. Saya juga mengajak kita semua yang telah memiliki hak untuk memilih agar dapat mengunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya, jangan GOLPUT.”
Adapun terkait wacana perpindahan ibukota pemerintahan, Gubernur mengungkapkan, Kalteng merupakan salah satu kandidat kuat. Pihaknya mendukung rencana tersebut demi kemajuan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat Kalteng. Hal ini sudah disampaikannya saat menjadi pembicara pada Indonesia Development Forum 2017 beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur menyampaikan bahwa pemindahan ibukota pemerintahan akan menjadi salah satu solusi untuk mengatasi ketimpangan ekonomi.
Sementara itu, Wakil Gubernur Habib Said Ismail menjadi inspektur upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada sore harinya, setelah sebelumnya hadir dalam Upacara Penyampaian Remisi Umum Tahun 2017 di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palangka Raya, Jalan Tjilik Riwut KM 2,5 Palangka Raya.
Pada malam harinya, digelar Malam Syukuran HUT Ke-72 Kemerdekaan RI di Istana Isen Mulang. Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka Peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2017 digelar pada Kamis (17/8) dinihari di Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang, Jalan Tjilik Riwut KM 2,5 Palangka Raya.
 
Terkait dengan tema HUT Kemerdekaan RI tahun ini, yakni “Indonesia Kerja Bersama”, Presiden RI Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya mengatakan bahwa tahun 2017 merupakan tahun kerja bersama, untuk pemerataan ekonomi yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Disampaikannya, tingkat kemiskinan di Indonesia turun dari 28,59 juta orang pada Maret 2015, menjadi 27,77 juta orang pada Maret 2017. Indek ratio gini yang mengukur tingkat kesenjangan ekonomi, terus membaik dan mencapai 0,393 pada bulan Maret 2017. Turun dibandingkan dengan angka pada bulan September 2014, yaitu 0,414.
Indeks Pembangunan Masusia (IPM) bergerak naik dari negara kategori Medium High Development menjadi negara dalam kategori High Human Development. Selanjutnya, dalam peringkat Kemudahan Berusaha (Ease Of Doing Bussiness/EODB) posisi Indonesia meningkat dari peringkat 106 pada tahun 2016, menjadi peringkat 91 pada tahun 2017.
Pada kesempatan tersebut, Presiden juga mengucapkan selamat kepada warga Desa Wogalirit, Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur yang setelah 72 tahun merdeka, akhirnya saat ini bisa menikmati layanan listrik.
Selain itu, Pemerintah menerapkan kebijakan BBM satu harga, masyarakat di tanah Papua dapat menikmati harga yang sama dengan harga di Jawa dan daerah lain di Indonesia. Pemerintah juga membangun sentra-sentra pertumbuhan ekonomi baru dan kawasan-kawasan industri baru di luar Jawa.

Untuk kemajuan bangsa, Presiden selanjutnya mengajak masyarakat Indonesia untuk memerangi korupsi. “Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama memerangi korupsi. Pemerintah mendukung setiap usaha dari semua pihak dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi serta memperkuat KPK,” tegasnya.

 

Sumber : Bidang Layanan E-Government Diskominfosantik Prov. Kalteng,  Biro Protokol, Komunikasi Publik Kalteng



  Hebat nyamali by juragan @ August, 19 2017 22:10 [balas komentar] [lapor]

kemarin seluruh stasiun tv online indonesia menanyangkan Upacara Kemerdekaan

  Merdeka by gotra @ August, 27 2017 07:30 [balas komentar] [lapor]

Selamat hari kemerdekaan RI, mau ke kalimantan cek harga tiket pesawat murah

  Kerren by garong77 @ August, 31 2017 09:49 [balas komentar] [lapor]

Bapak Gubernur Keren. Merdeka

Kerajinan Tangan 

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren