TANJUNG TARUNA –Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran menyambut kedatangan Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Vegard Kaale dan Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) RI Nazir Foead di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Jumat (22/9). Selanjutnya, Gubernur, Dubes Norwegia, Kepala BRG RI dan rombongan menuju Desa Tanjung Taruna, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau untuk menghadiri launchingAksi Kerja Bersama Restorasi Gambut Kalimantan Tengah Menuju Kalteng Berkah”.

 

 

Peluncuran aksi kerja bersama restorasi gambut yang ditandai dengan pemotongan tali penutup baliho oleh Gubernur ini dilaksanakan bersamaan dengan persemian Pos Komando (Posko) Siaga Enam Desa. Selain peluncuran aksi kerja bersama dan posko siaga, acara juga diisi dengan penandatangan piagam kesepakatan dan penyerahan bantuan sarana pembasahan gambut serta poster kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) secara simbolis kepada Masyarakat Peduli Api (MPA) Kabupaten Pulang Pisau, Kapuas, Barito Selatan, dan Katingan. Keempat kabupaten tersebut dinilai perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman Karhutla menyusul luas lahan gambut yang cukup signifikan di daerahnya.
Sementara itu, hadir pula dalam acara hari ini, antara lain Deputi 2 BRG Alue Dohong, Deputi 4 BRG Mirna Safitri, Direktur Lingkungan pada Bappenas Medril, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Kalteng Hamdhani, dan empat Bupati yang luasan lahan gambutnya dinilai cukup signifikan. Sedangkan Program Manajer Kedubes Inggris di Indonesia Ida Suryani, hari ini hadir mewakili Dubes Inggris Moazzam Malik.
Bersama sejumlah NGO (Non Government Organization), seperti USAID, UNDP, ICCTF, dan Kemitraan, Norwegia dan Inggris cukup konsen pada masalah kehutanan di Indonesia yang dikatakan dapat berdampak pada perubahan iklim secara global. Program aksi bersama ini sendiri merupakan program BRG untuk pencegahan Karhutla. Terkait masalah Karhutla, Pemerintah Pusat memang memberikan perhatian khusus kepada Kalteng, antara lain melalui program restorasi gambut di Pulang Pisau, pembangunan 5000 sumur bor dan 1100 sekat kanal, serta pemberian 29 paket bantuan pengembangan ekonomi masyarakat.
 
 
Sumber : Bidang Layanan E-Government Diskominfosantik Prov. Kalteng,  Biro Protokol, Komunikasi Publik Kalteng


  jawab by tamara @ October, 05 2017 04:19 [balas komentar] [lapor]

dengan penandatangan piagam kesepakatan streaming indosiar

  hari ini by Sifa @ October, 12 2017 07:20 [balas komentar] [lapor]

hari ini hadir mewakili Dubes Inggris Moazzam Malik niat wudhu

  Selamat datang by akati @ October, 15 2017 16:30 [balas komentar] [lapor]

Selamat datang pak dubes.. streaming bola online

  xl by caragratis @ October, 16 2017 07:53 [balas komentar] [lapor]

terimakasih sangat bermanfaat, baca juga cara dapat pulsa gratis xl

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren