PALANGKA RAYA – Tragedi kemanusiaan yang terjadi di Myanmar, memantik simpati banyak pihak. Aksi solidaritas untuk Muslim Rohingya pun digelar di sejumlah tempat di Tanah Air. Di Kota Cantik, aksi damai dipusatkan di Bundaran Besar Palangka Raya, Jumat (8/9). Sebagian peserta aksi bergerak dari Masjid Raya Darussalam menuju pusat kota seusai Salat Jumat. Sekitar lima ratus orang dari puluhan Ormas yang ikut berpartisipasi dalam aksi kali ini dikoordinir oleh Kesatuan Umat Islam (KUI) Kalimantan Tengah.

Dalam orasinya, sejumlah tokoh dan pimpinan Ormas Islam mendesak Pemerintah Myanmar untuk menghentikan aksi pembunuhan dan pembantaian terhadap Muslim Rohingya.
Wakil Gubernur Kalteng, Habib Said Ismail yang turut serta dalam aksi tersebut mengatakan, "Aksi ini merupakan bentuk kepedulian kita sebagai sesama manusia, khususnya sesama Muslim. Tragedi kemanusiaan di Rohingya, pembantaian dan pembunuhan, tidak bisa dibiarkan dan harus segera dihentikan."
Lebih lanjut, Wagub mengharapkan para pemimpin di negeri ini dapat membangun komunikasi dengan Pemerintah Myanmar untuk menghentikan pembunuhan Muslim Rohingya. Sedangkan kepada umat Muslim Kalteng, Wagub meminta agar aksi solidaritas yang dilakukan dapat berjalan dengan aman dan damai. “Para orator jangan mencaci dan memancing kemarahan siapapun, buktikan bahwa Islam adalah agama damai, agama kasih, rahmatan lil ‘alamin, tanpa memandang perbedaan agama, suku, atau jabatan,” katanya.
Secara keseluruhan, ada empat tuntutan yang disuarakan dalam aksi yang juga dihadiri Mantan Ketua PWNU Kalteng, H. Abdul Wahid AHA, tersebut. Keempat tuntutan yang ditujukan kepada Pemerintah Republik Indonesia itu, antara lain meminta Pemerintah RI melalui Presiden Joko Widodo agar mendesak Pemerintah Myanmar untuk menghentikan aksi kekerasan terhadap Muslim Rohingya; mendesak lembaga internasional untuk melakukan tindakan nyata menghentikan aksi kekerasan terhadap Muslim Rohingya; meminta Pemerintah RI untuk memberikan bantuan nyata kepada komunitas Muslim Rohingya dengan atau tanpa izin PBB; serta mendesak Pemerintah RI untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Myanmar jika poin satu sampai dengan tiga tidak mendapatkan respons positif dari Pemerintah Myanmar.
Ketua Umum KUI Kalteng, H. Rumsyah Bagan menjelaskan, para peserta aksi juga melakukan penggalangan dana untuk pengungsi Rohingya, di samping menggelar orasi dan doa bersama. Dari penggalangan dana secara spontanitas itu, berhasil terkumpul uang senilai lebih dari Rp 55 juta.
Sementara itu, Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Kalteng, Kombes Pol Wandy Rustiawan mengapresiasi aksi solidaritas tersebut, yang dikatakannya berjalan dengan aman dan tertib.
 
Sumber : Bidang Layanan E-Government Diskominfosantik Prov. Kalteng,  Biro Protokol, Komunikasi Publik Kalteng


  Ratusan Umat Islam Palangka Raya Gelar Aksi Solidaritas Rohingya by rafid @ September, 13 2017 11:01 [balas komentar] [lapor]

Beberapa ratus umat Islam serta beberapa puluh umat Islam Kota Palangka Raya, mengadakan tindakan solidaritas untuk kaum muslim Rohingya. Tindakan di gelar di Bundaran Besar Palangka Raya. Beberapa ratus kata mutiara bijak  massa mulai bergerak selesai Salat Jumat dari Masjid Raya Darussalam. Sesaat beberapa yang lain dengan berkelompok berdatangan segera ke Bundaran Besar sebagai titik pusat kota.

  Ratusan Warga Depok Gelar Aksi Solidaritas untuk Rohingya by rafid @ September, 13 2017 11:04 [balas komentar] [lapor]

Ratusan warga Depok dari berbagai elemen menggelar aksi demo keprihatinan atas tragedi cerita lucu kemanusiaan yang menimpa etnis muslim Rohingya Myanmar, di Pertigaan Lampu Merah, Ramandha Depok, Jumat (8/9).

  Aksi solidaritas untuk Muslim Rohingya by gotra @ September, 18 2017 20:32 [balas komentar] [lapor]

Tiket pesawat - Semoga Pemerintah Myanmar cepat menghentikan aksi pembunuhan dan pembantaian terhadap Muslim Rohingya.

  Bela Muslim Rohingya by neli05 @ September, 19 2017 15:38 [balas komentar] [lapor]

tawid semoga pemerintah myanmar basa secepatkannya memebereskan masalahnya.

  semoga makin banyak by nengnina @ September, 20 2017 17:57 [balas komentar] [lapor]

semoga makin banyak relawannya disana. goo.gl/wpCuAC 

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren