Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)

 

 I. Latar Belakang

Pelayanan Terpadu Satu Pintu adalah kegiatan Penyelengaaran Perizinan dan Non Perizinan berdasarkan Pendelegasian atau Pelimpahan wewenang dari lembaga atau instansi yang memiliki kewenangan perizinan dan non perizinan yang proses pengelolaannya dimulai dari tahap permohonan sampai dengan tahap terbitnya dokumen yang dilakukan dalam satu tempat.

Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka peningkatan pelayanan public, memangkas birokrasi pelayanan perizinan dan non perizinan dan sebagai upaya mencapai good governance/kepemerintahan yang baik dan dicanangkan sejak Tahun 2006. Sebagaiman diatur dalam Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 4 Tahun 2012 Tanggal 15 Februari Pasal 21 bahwa Badan Penanaman Modal Daerah dan Perizinan melaksanakan tugas di bidang penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu.

II. Maksud dan Tujuan

Maksud dan Tujuan diselenggarakannya Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu adalah sebagai upaya untuk mewujudkan pelayanan perizinan dan non perizinan yang cepat, efektif, efisien, transparan dan memberikan kepastian hokum serta mewujudkan hak-hak mesyarakat dan investor untuk mendapatkan pelayanan perizinan di bidang perizinan. Sedangkan tujuan penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) adalah terwujudnya pelayanan perizinan yang cepat, efektif, transparan dan memberikan kepastian hukum.

III. Dasar Hukum

IV. Motto

V. Jenis Pelayanan

  1. Pelayanan Informasi Penanaman Modal
    Tersedianya loket pelayanan informasi bagi yang ingin mendapatkan informasi penanaman modal, baik mengenai kebijakan penanaman modal, produk unggulan an potensi investasi, pelayanan perizinan dan non perizinan dan data investasi penanaman modal. Selain itu pula menyediakan leaflet, booklet, windows display dan peta potensi.
  2. Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan

    a) Jenis-jenis Perizinan dan Non Perizinan




    b) Prosedur Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan
  3. Pelayanan Pengaduan Penanaman Modal

    a) Tabel Penanganan Pengaduan Layanan PTSP


b) Alur Mekanisme Penanganan Pengaduan Layanan PTSP

VI. Aparatur Penyelenggara

VII.  Bagan Proses Permohonan Perizinan

 

VIII. Bagan Alur Pengaduan Layanan