You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Gubernur H. Sugianto Sabran Himbau Perbankan yang Tergabung Dalam HIMBARA dan PT. BPD Kalteng Untuk Dapat Memprioritaskan dan Meningkatkan Kredit Pada Sektor-Sektor Produktif

  • 23 April 2021 10:24
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 480 kali.

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menghimbau kepada perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (HIMBARA) dan PT. BPD Kalteng untuk dapat memprioritaskan dan meningkatkan kredit pada sektor-sektor produktif seperti konstruksi, perdagangan (retail) khususnya UMKM, sektor Pertanian, Peternakan, Kehutanan dan lain sebagainya. Hal ini disampaikan Gubernur Kalteng saat melakukan dialog sekaligus silahturahmi dengan Pimpinan Instansi vertikal dan Perbankan di Istana Isen Mulang, Kamis (22/4/2021).

Di tengah kondisi perekonomian yang terkontraksi akibat pandemi Covid-19, Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng telah dan terus melakukan berbagai upaya percepatan penanganan dampak Covid-19, baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi. Sejalan dengan kebijakan nasional dalam hal Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terdapat beberapa hal yang disampaikan Gubernur kepada Pimpinan Instansi vertikal dan Perbankan, salah satunya memprioritaskan dan meningkatkan kredit pada sektor-sektor prproduktif.

(Baca Juga : Gubernur Dukung Rencana Pembangunan Pipa Transmisi Gas Trans Kalimantan)

(Baca Juga : 3 Perda Yang Dihasilkan Berdasarkan Persetujuan Bersama Gubernur Kalteng dan DPRD Prov. Kalteng )

Gubernur H. Sugianto Sabran juga menghimbau bagi setiap perbankan, agar mendukung dan menggali sektor ekonomi yang ada di Provinsi Kalteng, sebagai contoh potensi terhadap pengembangan dan pembangunan Food Estate, Perternakan Sapi dan Pengembangan Budidaya Udang Vanamei, serta sektor-sektor lain yang dinilai potensial untuk dikembangkan. Selain itu, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan, hendaknya seluruh perbankan dapat meningkatkan pelayanan berbasis kebutuhan debitur khususnya bagi para pelaku UMKM, yakni dengan memberikan kelonggaran persyaratan kredit/pembiayaan/pendanaan serta memberikan keringanan pembayaran bagi UMKM.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai juga mengutarakan, hal yang tidak kalah penting, adalah tingkatkan pelayanan berbasis teknologi seperti sms banking, e-banking dan mobile banking untuk mendukung penerapan e-commerce atau transaksi jual beli secara elektronik.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan, upaya tersebut dilakukan dengan harapan untuk membangkitkan perkonomian Kalteng, meningkatnya daya beli masyarakat dan aktivitas usaha masih tetap dapat berjalan bahkan berkembang.

“Saya mengajak para Pimpinan Instansi Vertikal, khususnya Perwakilan BI dan OJK, serta seluruh Sektor Jasa Keuangan Perbankan di Kalimantan Tengah, mari kita bersama-sama memperkuat sinergi, untuk terus mendorong pemulihan perekonomian di Kalimantan Tengah”, tandas H. Sugianto Sabran.

Nampak hadir di Istana Isen Mulang diantaranya Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, Direktur Bank Kalteng Yayah Diasmono, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Provinsi Kalteng Hari Utomo, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng Rihando, Pimpinan Perbankan dan Kepala Perangkat Daerah.(WDY/Foto:Rihando)

 

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster