You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Gubernur Kalteng Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mushalla Syarifah Fatmah Albahasyim

  • 23 April 2021 18:54
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 456 kali.

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menghadiri sekaligus melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mushalla Syarifah Fatmah Albahasyim, bertempat di Mushalla Syarifah Fatmah Albahasyim Jl. G.Obos XIV Palangka Raya, Jumat (23/4/2021). 


Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya menyampaikan bahwa Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mushalla Syarifah Fatmah Albahasyim di hari ke-11 Ramadan bertepatan dengan wafatnya Sayyidah Khadijah Al-Kubra.

(Baca Juga : Wakil Gubernur Kalteng Hadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1442 H di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021)

(Baca Juga : Gubernur Tinjau Kondisi SMAN 1 Tewah Yang Terendam Banjir)

“Bertepatan pada hari ini 11 Ramadan 1442 H, peletakan batu pertama memang dipilih tanggalnya hari ini supaya setiap tahun diingat, tatkala tanggal haul dari Sayyidah Khadijah Al-Kubra yang merupakan istri Rasulullah yang paling tercinta”, ucap Habib Ismail Bin Yahya.

Hari ke-11 Ramadan mengingatkan satu peristiwa penting yang membuat Nabi Muhammad SAW bersedih. Sayyidah Khadijah binti Khuwailid radhiallahu anha, istri tercinta Nabi wafat pada hari ke-11 bulan Ramadan tahun ke-10 kenabian.

Sayyidah Khadijah wafat di usia 65 tahun, tiga tahun sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Sayyidah Khadijah Al-Kubra adalah sosok paling berharga bagi Rasulullah SAW.

Habib Ismail Bin Yahya mengatakan Mushalla Syarifah Fatmah Albahasyim merupakan nama Ibundanya sendiri.

“Hari ini kita letakan batu pertama Mushalla yang juga nama dari pada ibu saya yaitu Syarifah Fatmah Albahasyim” tuturnya.

“Kepada semuanya kalau ada rejeki, mudah-mudahan bisa membangun Masjid, membangun Mushalla dengan nama orang tua kita”, tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengawali sambutannya menyampaikan bahwa Habib Ismail Bin Yahya yang memiliki prakarsa dan an-niyah azimatul qolbi untuk melaksanakan pembangunan Mushalla yang insya Allah bernama Syarifah Fatmah Al-Bahasyim yang di ambil dari nama Ibunda Abangnda Habib Ismail bin Yahya.

“Mari kita sama-sama doakan semoga segala langkah dan usaha yang dilaksanakan diberkahi oleh Allah SWT, amin ya rabbal alamin”, tutur H. Sugianto Sabran.

H. Sugianto Sabran berharap dengan dibangunnya sebuah tempat ibadah berupa Mushalla yang berada di lokasi yang cukup strategis ini dapat digunakan untuk sarana kepentingan umat, bagi masyarakat yang berada di sekitar Mushalla.

“Mushalla selain sebagai pusat beribadah, juga diharapkan dapat sekaligus menjadi pusat kebaikan dan kebajikan, melalui Mushalla ini juga nantinya kita dapat memperkokoh tali silaturahmi dan persaudaraan di antara satu dengan yang lainnya, bahkan menjalankan kegiatan pemberdayaan ekonomi berbasis tempat ibadah”, tandas H. Sugianto Sabran.

Hadir secara khusus Anggota DPD RI habib Said Abdurrahman, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, Danrem 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng, Ketua MUI Kalteng Khairil Anwar yang juga merupakan Rektor IAIN Palangka Raya dan Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat. (WDY/Rinto)

 

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster