You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Plt. Sekretaris Daerah Kalteng Hadiri Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Bidang Kelembagaan

  • 10 Juni 2021 17:29
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 10 kali.

Palangka Raya – Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Nuryakin menghadiri Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Bidang Kelembagaan. Kegiatan ini dihadiri Plt. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng secara virtual melalui video conference dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (10/6/2021).


Acara dibuka secara langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) Muhammad Hudori sekaligus memimpin jalannya acara ini. Sosialisasi ini digelar dalam rangka penguatan peran Kemendagri menghadapi Era disrupsi dan reformasi struktural.

(Baca Juga : Kalteng Pecahkan Rekor MURI Bakar 62 Ribu Jagung)

(Baca Juga : Kalteng Trade Expo 2019 Resmi Dibuka)

Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori dalam arahannya mengatakan pada Undang-Undang Nomor  39 Tahun 2008 disebutkan peran Kemendagri sebagai Kementerian teknis  yang menyelenggarakan beberapa urusan Pemerintah Konkuren, sebagai pembina umum penyelenggaraan Pemerintah Daerah Provinsi, sebagai koordinator pembinaan pengawasan penyelenggaraan Pemerintah Daerah secara nasional.

Lebih lanjut Muhammad Hudori menyampaikan agar pembinaan dan pengawasan berjalan secara efektif dan efisien, diperlukan adanya kejelasan tugas dan sinergi pembinaan dan pengawasan. Selain itu, agar proses pembinaan dan pengawasan berjalan secara efektif dan efisien, dilaksanakan melalui mekanisme koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat serta Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Kemendagri diharapkan senantiasa dapat melakukan koordinasi yang bertujuan agar tidak terjadi pembinaan dan pengawasan yang melebihi kewenangannya dan tumpang tindih.

Muhammad Hudori mengungkapkan, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang sudah melakukan penataan kelembagaan Sekretariat Daerah, sebanyak 32 Provinsi sudah melakukan penataan kelembagaan Sekretariat Daerah dan Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Daerah Intimewa Yogyakarta belum melakukan penataan kelembagaan Sekretariat Daerah.

Sementara itu, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Kemendagri Suprayitno dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini untuk mensosialisasikan Peraturan Perundang-Undangan di Bidang Kelembagaan sebagai Dasar Pelaksanaan Penyederhanaan Birokrasi dilingkungan Kemendagri dan Pemerintah Daerah.

Plt. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng didampingi Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng Lies Fahimah dan Plt. Kepala Biro Organisasi Setda Prov. Kalteng Ahmad Toyib.(WDY/Foto:Arya)

 

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster