You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Gubernur Kalteng Beri Pembekalan Kepada Kepala SMA/SMK/SLB Dalam Pelaksanaan UNBK dan USBNBK

  • 12 Maret 2019 13:12
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 984 kali.

PALANGKA RAYA - Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran memberi pembekalan motivasi kepada Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB se-Kalteng dalam rangka persiapan menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBN-BK) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2019, bertempat di Istana Isen Mulang, Selasa (12/3).

Turut hadir PLH Sekretaris Daerah Kalteng, Drs. H. Sapto Nugroho H. W., MM, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) H. Agustiar Sabran, S.Ikom, Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, OPD terkait serta Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB se-Kalteng.

(Baca Juga : Gubernur Minta Para Tokoh di Kalteng Bantu Penanganan Covid-19)

Gubernur menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya ;

  1. Saya berharap para kepala sekolah dapat melaksanakan 3 (tiga) tugas pokok dengan baik yaitu tugas manajerial, tugas supervisi, dan tugas kewirausahaan. ciptakan susana sekolah yang harmonis dan menyenangkan dan hindari konflik, ciptakan pemahaman yang sama kepada warga sekolah tentang wawasan wiyatamandala bahwa sekolah sebagai lingkungan pendidikan tempat untuk proses pembelajaran.
  2. Para guru harus mampu membentuk karakter positif pada diri siswa dengan mendorong terciptanya keseimbangan 3 (tiga) kecerdasan pada diri siswa, yaitu kecerdasan intelejensi, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual.
  3. Para guru dalam menilai prestasi siswa agar tidak hanya menghargai pada prestasi akademik, tetapi juga menghargai prestasi karakter kejujuran, tanggungjawab, disiplin kerja keras dan lain-lain sehingga tidak ada satu anakpun yang merasa tidak memiliki prestasi dalam hidupnya.
  4. Era globalisasi dan revolusi industri generasi keempat sangat berpotensi adanya perubahan yang sangat besar-besaran dalam hal tenaga kerja. Semua tenaga kerja manusia akan digantikan oleh alat teknologi, hal ini dengan kemunculan super komputer, robot pintar dan lain-lain. Maka dunia pendidikan harus adaptif dan akomodatif serta responsif dengan perkembangan globalisasi teknologi informasi yang terus terjadi.
  5. Untuk mewujudkan Kalteng berkah bidang pendidikan, terutama untuk mencapai target peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), rata-rata lama sekolah, dan harapan lama sekolah, maka  saya telah menyediakan dukungan biaya pendidikan (Bidik Misi Kalteng Berkah) yang hingga 2 (dua) tahun ini telah terlayani sekitar 4.750 orang mahasiswa S1, dan akan terus saya tingkatkan jumlah sasarannya hingga mencapai 10.000 mahasiswa. Dapat dipastikan ipm kalteng akan meningkat sejalan dengan semain tingginya angka partisipasi belajar masyarakat usia 18 - 23 tahun.
  6. Kita patut bersyukur dalam 3 (tiga) tahun terakhir ini hasil pembangunan pendidikan di kalteng terus meningkat sebagaimana yang dilaporkan pak Sekda tadi, bahwa kemajuan pembangunan harus selaras dengan hasil prestasi akademik dan non akademik para siswa kita.
  7. Pendidikan di Kalteng harus berani melakukan inovasi untuk peningkatan mutu dan daya saing, maka laksanakan ujian nasional berbasis komputer dan ujian sekolah berstandar nasional berbasis komputer dengan baik, sebab cara inilah untuk mewujudkan mutu dan daya saing lulusan, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat nasional dan internasional terhadap kualitas sumber daya manusia di Kalimantan Tengah. selanjutnya hasil UNKB dan USBNBK tersebut agar dijadikan alat evaluasi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.
  8. Tugas guru agar tidak hanya fokus pada tugas mengajar, tetapi juga harus bisa mendidik, melatih, membimbing, menilai dan mengarahkan serta mengantar anak-anak kita terjun di masyarakat dengan baik. maka bimbinglah anak-anak kita para siswa belajar dengan baik, tingkatkan rasa hormat kepada kedua orang tua dan kepada para guru, hindari perbuatan tercela yang merugikan diri sendiri antara lain jauhi dan hindari narkoba.
  9. Pada kesempatan yang baik ini saya mengajak kita semua sebagai warga negara yang baik, mari kita sukseskan pemilu presiden dan legislatif pada tanggal 17 april 2019 dengan damai dan aman. Gunakan hak pilih kita, terutama para siswa yang saat ini sebagai pemilih pemula agar menggunakan hak pilihnya dengan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. (ARP/Foto:ASEP)

 

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster