You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Gubernur : Pemprov Kalteng Komit Dukung dan Sukseskan Pelaksanaan Pemilu 2019

  • 19 Maret 2019 10:37
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 1,129 kali.

PALANGKA RAYA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Tengah (Disdukcapil Prov. Kalteng) gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan dan Pemantauan Administrasi pada Pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pilpres 2019, bertempat di Ballroom Aquarius Boutique Hotel, Selasa (19/3).

Turut hadir Asisten II dan Plt Asisten I Drs. H. Nurul Edy., M.Si mewakili Gubernur Kalimantan Tengah, Narasumber dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Andi kriarmoni SE, S.IP, MM, Kepala Dinas Disdukcapil Prov. Kalteng Ir. Brigong Tom Moenandaz, MSP, Unsur Forkopimda Kalteng, Perwakilan Universitas Negeri dan Swasta, Serta OPD tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Komoditi Singkong Food Estate Gunung Mas Akan Dijadikan Berbagai Varian Produk)

Tujuan utama dari Rakor ini untuk mensukseskan Pemilihan Umum Tahun 2019. Selain itu Rakor ini bertujuan pula mendorong Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota agar segera menuntaskan perekaman KTP-el bagi penduduk wajib KTP di seluruh Indonesia serta memantapkan tata kelola pelaksanaan kependudukan dan pencatatan sipil yang membahagiakan masyarakat melalui penggunaan teknologi digital.

Gubernur Kalteng yang diwakili oleh Nurul Edy menyampaikan, Pemerintah Provinsi Kalteng sangat komit untuk mendukung dan mensukseskan pelaksanaan pemilu 2019 yang luber, jurdil dan bermartabat melalui sinergi dengan KPU dan Bawaslu sebagai lembaga penyelenggara pemilu. Terhadap kegiatan penyempurnaan jumlah rekapitulasi DPT Provinsi Kalteng tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil se - Kalteng, telah membantu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Salah satu upaya Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalteng dalam penyediaan data kependudukan yang akurat dan penyelesaian perekaman serta pencetakan KTP-el melalui pengadaan paket hibah alat rekam dan cetak KTP-el yang akan diserahkan kepada 14 kabupaten/kota se - Provinsi Kalteng dalam waktu dekat.

Dalam mendukung percepatan pencetakan KTP-el melalui mekanisme pencetakan dengan mesin cetak yang disediakan di Kantor Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Pencetakan akan dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota, menggunakan dana APBN yang dialokasikan dalam DAK dimana ketersediaan blangko sudah disiapkan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Jumlah penduduk Kalimantan Tengah Semester II Tahun 2018 sebesar 2.570.289 jiwa, terdiri dari wajib KTP-el  1.818.843 jiwa (69,89%), sudah merekam 1.671.649 (93,04%) dan belum merekam 147.194 (6,06%) dan menurut laporan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalteng sampai saat ini semua yang sudah terekam untuk KTP-el sudah tercetak sehingga pada tanggal 17 April 2019, pada saat pemilihan presiden dan pemilihan legislatif semua masyarakat yang memiliki hak konstitusi dan tercatat dalam DPT sudah memiliki KTP-el.  

Pada saat pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 tanggal 17 April 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Kab/Kota saya instruksikan untuk memberikan pelayanan Administrasi Kependudukan dan membantu apabila ada kendala atau diperlukan pengecekan data yang dibutuhkan KPU dan Bawaslu.

Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalteng terus mendorong KPU dan Bawaslu menggunakan hak akses yang telah diberikan untuk melakukan verifikasi dan validasi data penduduk sebagai pemilih, sepanjang diperlukan sampai dengan selesainya pelaksanaan Pemilu. (ARP/Foto:ASEP)

 

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster