You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Pemprov Kalteng Terima Anugerah Parahita Ekapraya 2020

  • 13 Oktober 2021 13:11
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 35 kali.

Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo menghadiri Anugerah Parahita Ekapraya 2020. Kegiatan ini dihadiri secara virtual dari Ruang Rapat Wagub Kalteng, Rabu (13/10/2021).

Anugerah Parahita Ekapraya adalah penghargaan yang diberikan kepada Kementerian dan Lembaga serta Pemerintah Daerah yang mengutamakan perlindungan, kondisi dan kesejahteraan masyarakat untuk mencapai kesetaraan gender di Indonesia. Acara pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun ini cukup spesial karena dirangkaikan dengan acara ditingkat Asia Tenggara yaitu Asean  Ministerial Meeting on Women yang keempat dan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2020 ini terbagi dalam 4 kategori yaitu kategori pratama, kategori madya, kategori utama dan kategori yang tertinggi adalah mentor.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Sambut Kedatangan Presiden Jokowi )

(Baca Juga : Humas Ditjen Perhubungan Laut dan Forum Wartawan Perhubungan Gunakan Fasilitas Media Center )

Pemberian penghargaan tersebut berdasarkan surat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Nomor 72/Men/D.KG/KG.05/9/2021 tanggal 21 September 2021, perihal pemberitahuan pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2020.  Kementeriaan PemberdayaanPerempuan dan Perlindungan Anak RI telah menyelesaikan evaluasi pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender di Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta telah ditetapkan penerima Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2020.


Pada Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2020, Prov. Kalteng menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya kategori madya bagi Provinsi. Sementara itu, Kabupaten Katingan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Murung Raya dan Kota Palangka Raya menerima Anugerah Parahita Ekapraya kategori Pratama bagi Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Pemprov. Kalteng telah ketiga kalinya meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dengan kategori Pratama pada tahun 2015,  Pada tahun 2018 mendapatkan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dengan kategori Madya dan pada tahun 2020 Pemprov. Kalteng kembali meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dengan kategori Madya. Sedangkan, untuk 5  Kabupaten dan 1  Kota dari 14 Kabupaten /Kota di Prov. Kalteng baru pertama kali meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya PadaTahun 2020 .

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Bintang Puspayoga dalam sambutannya menyampaikan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025 menyatakan bahwa pada Tahun 2022 akan terwujud kesetaraan gender diberbagai bidang pembangunan. Anugerah Parahita Ekapraya 2020 berkaitan dengan agenda nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yaitu meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing, di mana salah satu sasarannya adalah meningkatnya kualitas anak, perempuan, dan pemuda.

Dalam RPJMN 2020-2024, Presiden menetapkan target IPG Indonesia mencapai 91,39 persen pada 2024 mendatang, di mana pada 2018 masih berada pada angka 90,99 persen. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.(wdy/foto:Doni)

 

 

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster