You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Gubernur Sampaikan Capaian Pemprov Kalteng

  • 08 April 2019 13:35
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 1,008 kali.

PALANGKA RAYA - Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Sugianto Sabran dalam sambutannya menyampaikan, beberapa capaian Prov. Kalteng sampai saat ini (memasuki tahun ke empat RPJMD) antara lain :

 

(Baca Juga : Wagub Kalteng Apresiasi Capaian Pemkab Lamandau)

  1. Bidang infrastruktur, Prov. Kalteng telah melaksanakan terobosan yang sangat strategis yaitu program multiyears untuk pembangunan dan peningkatan beberapa ruas jalan untuk membuka isolasi daerah dan menumbuhkan perekonomian masyarakat, program multiyears dimulai tahun 2018 dengan total anggaran 1,359 Triliyun Rupiah selama tiga tahun anggaran. Kedepan program pembangunan infrastruktur tetap kita prioritaskan (pembangunan jalan, jembatan, irigasi, pengembangan pelabuhan udara dan pembangunan pelabuhan laut).
  2. Bidang Pendidikan, sejak tiga tahun terakhir Prov. Kalteng telah menyediakan bantuan biaya pendidikan (Bidik Misi Kalteng Berkah) S1/D4/D3 kepada putera/puteri Kalteng yang berprestasi dan kurang mampu. Pada tahun 2019 disediakan bantuan Bidik Misi Kalteng Berkah sebanyak 5.000 orang mahasiswa yang masing-masing menerima bantuan Rp. 2.500.000 per orang.
  3. Bidang Kesehatan, sejak tiga tahun terakhir Prov. Kalteng telah melaksanakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan tahun 2019 melalui JKN Kartu Kalteng Berkah tercatat sebanyak 90.582 jiwa dengan total nilai premi dianggarkan 25 Milyar lebih. Disamping program JKN program kartu Kalteng Berkah, Prov. Kalteng saat ini telah memprogramkan pembangunan rumah sakit pemerintah baru kelas A melalui Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), dimana saat ini sudah dalam proses studi pendahuluan dan persiapan lelang konsultan untuk OBC (Outline Bussiness Case) dan FBC (Final Bussiness Case) yang difasilitasi oleh Bappenas.
  4. Bidang Pendapatan dan Belanja Daerah, di bidang pendapatan, Prov. Kalteng mengalami kenaikan pada 3 tahun terakhir pada kisaran 500 Milyar lebih, yang didapat dari Pendapatan Asli Daerah, dan bagi hasil royalti batubara dimana kenaikan royalti batubara Prov. Kalteng sangat signifikan 3 tahun terakhir, dari kisaran 400 Milyar pada tahun 2015 menjadi 2 Triliyun lebih pada Tahun 2018. Dengan kenaikan pendapatan daerah tersebut secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kenaikan APBD Kalteng pada tiga tahun terakhir, dimana kenaikan tersebut melampaui target RPJMD, sebagai gambaran pada RPJMD tahun 2019 target APBD sebesar 4,2 Triliyun, sedangkan capaiannya sebesar 5,5 Triliyun.

Pemprov. Kalteng gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Prov. Kalteng Tahun 2019, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2020, bertempat di Aula Bappedalitbang Prov. Kalteng, Senin (8/4/2019). (ARP/Foto:ASEP)

 

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster