You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Gubernur H. Sugianto Sabran : Kalteng Siap Melaksanakan Tahapan Pilkada Dengan Tetap Kedepankan Protokol Kesehatan Covid-19

  • 19 Juli 2020 10:52
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 136 kali.

Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mengatakan, bahwa Kalteng telah siap melaksanakan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), dengan tetap memperhatikan  Protokol kesehatan Covid-19. H. Sugianto Sabran juga menyampaikan, Kalteng telah melaksanakan dengan baik  langkah-langkah dalam penyiapan Pilkada.

Hal tersebut disampaikan Gubernur dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pilkada 2020 untuk  Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng serta Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur dan Rakor penanganan Covid-19 yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, bertempat di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Minggu (19/07/2020). Pada kesempatan tersebut, Gubernur menyampaikan langkah-langkah kesiapan yang telah dilakukan Pemerintah Daerah dalam penyiapan Pilkada.

(Baca Juga : Wagub Kalteng Sidak Beberapa Kantor Pelayanan Publik)

Tidak hanya itu, Gubernur juga menyampaikan kendala yang dihadapi Kalteng dalam dalam kesiapan mengikuti tahapan Pemilu. Kendala yang pertama, yakni mengenai kondisi geografis Provinsi Kalteng yang luas disertai penduduk yang terpencar dan beberapa daerah masih belum terjangkau infrastruktur yang memadai.

Kalteng termasuk Daerah yang berisiko tinggi dalam persebaran Covid-19, sehingga pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 sangat harus memperhatikan protokol kesehatan. Di Kalteng juga terdapat wilayah yang masuk blankspot area yang dapat menjadi kendala dalam penyampaian informasi secara cepat dan tepat.

Selain itu, angka partisipasi pemilih dikhawatirkan dapat menurun, selain karena situasi dan kondisi Covid-19 hal ini juga disebabkan kurangnya sosialisasi secara langsung karena keterbatasan masyarakat yang dapat mengakses internet serta keadaan daerah yang belum terjangkau jaringan. Kendala lainnya yakni, pelaksanaan Pilkada pada bulan Desember 2020 dihadapkan pada situasi rawan bencana kabut asap, kebakaran hutan dan lahan dan juga kondisi masyarakat yang beraneka ragam dikhawatirkan mudah terprovokasi isu sara, hoax maupun  ujaran kebencian serta data Pemilih yang masih belum valid dan akurat.

Gubernur H. Sugianto Sabran juga melaporkan keadaan terkini kasus Covid-19 di Kalteng, dan mengatakan yakin akan mampu mengakhiri Covid-19, dengan kebersamaan semua elemen masyarakat, serta upaya- yang telah dan akan terus dilakukan Pemerintah. Untuk jaring pengamanan sosial, Bantuan sosial (Bansos) tunai yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi Kalteng, untuk Tahap I telah disalurkan kepada 152.390 KK se-Kalteng. Penyaluran dilakukan sejak 22 Mei 2020.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut juga menyampaikan, Kalteng dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 telah menggunakan 4 strategi, diantaranya Mapping atau Pemetaan yakni melakukan pemetaan awal berdasarkan konfirmasi kasus positif sampai tingkat RT/RW.  Strategi kedua yakni melakukan Blocking atau Pembatasan yakni melakukan pembatasan wilayah untuk dilakukan pengetatan berdasarkan hasil pemetaan pada tingkat Kelurahan/Desa.

Strategi ketiga, melakukan Screening atau Penapisan yakni melakukan screening secara agresif melalui metode diagnostic rapid test (RDT) dan polymerase chain reaction (PCR). Hasil screening dilanjutkan dengan tracing dan tracking sampai pada level yang dianggap aman. Terakhir, melakukan Treatment atau Perawatan yakni melakukan perawatan terhadap kasus konfirmasi positif melalui isolasi/karantina pemerintah, dan isolasi pada rumah sakit.

Rakor ini dihadiri Pejabat Eselon I Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait, Anggota Forkopimda, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ketua Badan Pengawas Pemili (Bawaslu),  Sekretaris Daerah, Bupati dan Walikota se-Kalteng, serta para Asisten Setda dan Kepala Perangkat Daerah Terkait. Hadir secara terpisah  melalui virtual Video Conference, Wakil Bupati dan Wakil Walikota  didampingi Ketua KPU, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten/ Kota serta pejabat terkait di Daerah masing-masing.(WDY/Foto:Yudis)

 

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster