You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Sekda Fahrizal Fitri Menyambut Kedatangan Mentan RI ke Kalteng

  • 12 September 2020 14:42
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 30 kali.

Palangka Raya - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyambut langsung kedatangan Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI) Syahrul Yasin Limpo dan jajarannya di Bandara Tjilik Riwut, dalam rangka kunjungan kerja ke Prov. Kalteng, Sabtu (12/09/2020). Turut Hadir Anggota DPD RI Dapil Kalteng Yustina Ismiati, Kabinda Kalteng Slamet Urip Widodo, Wakapolda Kalteng Indro Wiyono, Kepala Dinas Perkebunan Prov. Kalteng Rawing Rambang dan Kepala Biro Umum Setda Prov. Kalteng Lisda Arriyani.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini Mentan RI akan meninjau lokasi rencana penanaman padi perdana oleh Presiden RI di kawasan pembangunan Food Estate yang berada di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau. Food estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng : Keberhasilan Pra PON Akan Membantu Meningkatkan SDM Yang Berkualitas)

Seperti dikutip dari laman indonesia.go.id, Mentan Syahrul Yasin Limpo optimistis bahwa pasokan beras dari dalam negeri cukup aman. Musim tanam II 2020 (April-September) dikatakan juga memenuhi target meskipun di tengah situasi pandemi.


Lokasi lumbung pangan baru ini berada di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas, Prov. Kalteng. Food Estate ini akan menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024.

Luas lahan yang akan dijadikan kawasan program Food Estate di Kalteng yakni seluas 165.000 Ha. Diharapkan dari satu hektare lahan tersebut akan meningkatkan produktivitas padi sebesar dua ton.

Pengembangan Food Estate dilakukan guna merespon peringatan Organisasi Pangan Dunia (FAO) yang memprediksi akan adanya krisis pangan.(WDY/Foto:Asep)

 

 Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster