You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Panen Padi di Kawasan Food Estate, Plt. Gubernur : Tingkatkan Taraf Hidup Petani

  • 10 Oktober 2020 17:34
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 67 kali.

Palangka Raya - Plt. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) beserta Ibu Hj. Rahayuni Binti Ruslan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Kapuas, Sabtu (10/10/2020). Turut hadir dalam kunjungan Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri bersama Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait.

Kunjungan Plt. Gubernur Kalteng kali ini dalam rangka Panen padi di Desa Petak Batuah, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas. Sebelum tiba dilokasi panen padi, Habib Ismail Bin Yahya beserta rombongan menyempatkan diri untuk meninjau rehab jaringan irigasi di A1 dan A5 yang berada di kawasan pembangunan dan pengembangan food estate di Desa Bentuk Jaya.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Harapkan Kabupaten/Kota Dapat Selenggarakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman Setiap Tahunnya)

Usai melakukan peninjauan di kawasan pembangunan dan pengembangan food estate yang berada di Desa Bentuk Jaya, Plt. Gubernur Kalteng beserta rombongan melanjutkan agenda Kunjungan Kerja menuju lokasi panen padi yang berada di Desa Petak Batuah dengan menggunakan sepeda motor. Plt. Gubernur Kalteng melakukan panen padi dengan mesin combine harvester.

Di Desa Petak Batuah, Habib Ismail Bin Yahya juga melakukan dialog dengan masyarakat sekitar. 

Habib Ismail Bin Yahya saat menyampaikan sambutannya mengatakan pengembangan lumbung pangan atau food estate di Prov. Kalteng bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup petani.

“Kita perlu bersyukur juga bahwa tahun ini juga program untuk meningkatkan harkat, martabat, derajat, serta kesejahteraan petani akan segera diluncurkan di daerah kita ini, yaitu Program Food Estate,” tutur Plt. Gubernur Kalteng.

Habib Ismail Bin Yahya juga menyampaikan melalui program Food Estate, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas.

“Program Food Estate ini, apabila sebelumnya bisa menghasilkan 5 ton beras, setelah Program Food Estate diluncurkan, 1 ha yakin bisa menghasilkan 7 sampai 10 ton,” tutup Habib Ismail Bin Yahya.

Seperti yang telah disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo saat melakukan penanaman perdana di kawasan Food Estate yang berada di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, pada 08 Oktober 2020 lalu, kawasan food estate di Kalteng akan digarap di lahan seluas 168.000 ha. Untuk Tahun 2020, program Food Estate di Kalteng dikerjakan di lahan seluas 30.000 ha sebagai model percontohan.

Lahan tersebut ada di Kabupaten Pulang Pisau seluas 10.000 ha dan Kapuas 20.000 ha. Presiden Joko Widodo juga mengungkapkan Food Estate di Prov. Kalteng tidak hanya untuk persawahan tetapi juga akan ditanami tanaman lainnya. (WDY/Sumber Biro Adpim/Foto:Biro Adpim)

 

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster