You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Gubernur Kalteng Panen Padi Perdana di Kawasan Food Estate Desa Gadabung, Kabupaten Pulang Pisau

  • 10 Februari 2021 15:44
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 30 kali.

Pulang Pisau – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pulang Pisau. Kunjungan kerja Gubernur kali ini dalam rangka panen padi perdana di kawasan Food Estate yang berada di Desa Gadabung, Kecamatan Pandih Batu, Pulang Pisau, Rabu (10/02/2021).

Panen padi kali ini dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI) H. Syahrul Yasin Limpo didampingi Direktur Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan Suwandi, Dirjen Perkebunan Kasdi Subagyono dan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Sarwo Edhy.

(Baca Juga : Wakil Gubernur Habib Ismail Bin Yahya Hadiri Pelantikan Pengurus Kaukus Perempuan Parlemen Prov. Kalteng Periode 2020 – 2024)

(Baca Juga : Hasil Paparan Badan Publik Lingkup Prov. Kalteng Hari Kedua)

Luas areal panen perdana di Desa Gadabung kali ini seluas 1.205 Ha dengan Padi Inbrida dan Hibrida Varietas Unggul Baru.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran memberikan apresiasi atas kehadiran dan dukungan Menteri Pertanian dan jajaran ke Kalteng untuk melakukan panen perdana di kawasan pengembangan Food Estate.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengucapkan Selamat Datang pada Menteri Pertanian Republik Indonesia Bapak H. Syahrul Yasin Limpo, beserta rombongan di Bumi Isen Mulang, Bumi Pancasila, Tanah Berkah Untuk Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah”, ucap Gubernur saat menyampaikan sambutannya.

H. Sugianto Sabran menyampaikan secara keseluruhan pelaksanaan program Food Estate di Kalteng Tahun 2020 berjalan cukup baik dan lancar. Total tanaman padi yang sudah terpanen seluas 2.875 Hektar (Ha) dari total yang sudah tertanam seluas 18.879 Ha.

“Dan tentunya setiap harinya kedepan akan terus bertambah”, imbuhnya.

H. Sugianto Sabran mengutarakan, sebagaimana diketahui bersama, akhir-akhir ini cukup banyak beredar di media cetak maupun media sosial yang menyebutkan tentang kekurangan berhasilan program ini.


“Sehingga saya bersama Kapolda dan Danrem pada hari Selasa, 2 Februari 2021 lalu beserta seluruh Perangkat Daerah terkait meninjau langsung di empat titik lokasi di Kabupaten Pulang Pisau, Kapuas dan Gunung Mas, secara keseluruhan Alhamdulillah kondisinya sebagaimana yang kita saksikan hari ini”, ujar Gubernur.

“Kalaupun terdapat kekurangan, kelemahan dalam setiap pelaksanaan program kegiatan tentunya ada disana sini dan hal yang demikian itulah yang akan kita jadikan dasar untuk memperbaiki, saling melengkapi dalam kebersamaan dan dengan tetap menanamkan niat yang tulus demi pembangunan Kalimantan Tengah yang merupakan bagian dari Ketahanan Pangan Nasional”, tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur mengatakan akan dilakukan penyerahan secara simbolis Klaim Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) masa tanam tahun 2020 oleh Menteri Pertanian kepada 4 Kelompok Tani di Desa Tahai Jaya, Kabupaten Pulang Pisau, Prov. Kalteng senilai Rp. 361.416.000,- dengan Luasan Kerusakan 88,8 Hektar. Gubernur mengatakan, hal tersebut dapat dijadikan contoh bagi para Petani/Kelompok Tani yang terdaftar dalam Asuransi tidak akan Merugi sekalipun terjadi gagal panen akibat serangan hama penyakit, puso ataupun kekeringan.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut berkomitmen Program Food Estate di Prov. Kalteng kedepan tentunya akan lebih baik dan sempurna sehingga mampu memenuhi kedaulatan pangan terutama beras dan mampu menyumbang peningkatan produksi beras Nasional. Gubernur mengharapkan dukungan terutama pada daerah kawasan yang menjadi lokasi Food Estate seluas 30.000 Ha.

“Ditahun 2020 juga akan tetap mendapat perhatian pada tahun 2021, terutama menjelang musim tanam April-September 2021 untuk tetap mendapat stimulan bantuan sarana produksi berupa Benih dan Pupuk, dan dalam pelaksanaan program lanjutan ditahun 2021 ini, lebih ditekankan lagi pada kegiatan Padat Karya yang melibatkan masyarakat petani secara langsung”, pungkasnya.

H. Sugianto Sabran juga mengajak seluruh komponen masyarakat yang ada di Kalteng khususnya para petani, praktisi pertanian, ahli-ahli pertanian, jajaran Pemerintah Daerah, jajaran TNI dan Polri untuk bahu membahu dan bergotong royong dengan filosofi huma betang dalam membangun Kalteng khususnya dalam mensukseskan Program Strategis Nasional ini.

Hadir mendampingi Gubernur diantaranya Komandan Korem (Danrem) 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Kalteng Brigjen Pol. Suryanbondo Asmoro dan Kepala Perangkat Daerah terkait. Dari Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau hadir Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo, Forkopimda Kabupaten Pulang Pisau serta Kepala Perangkat Daerah terkait. (WDY/Foto:Asep)

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster