You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Sekda Kalteng Dampingi Sekjen Kementan RI Tinjau Lokasi Pengembangan Food Estate di Desa Bentuk Jaya Blok A5, Kecamatan Dadahup, Kapuas

  • 12 Februari 2021 17:47
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 24 kali.

Kapuas – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas. Kunjungan kerja Sekretaris Daerah Prov. Kalteng kali ini dalam rangka mendampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI) Momon Rusmono beserta rombongan meninjau lokasi Pengembangan kawasan Food Estate di Desa Bentuk Jaya Blok A5, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas. Jumat (12/02/2021).


Sekjen Kementerian Pertanian Momon Rusmono mengatakan kedatangan dirinya beserta rombongan ke Kalteng dengan 2 tujuan utama. Pertama untuk melihat perkembangan Food Estate di Kecamatan Dadahup, Kapuas terutama yang luasnya 1.000 Ha. Kedua,percepatan tanam di Kabupaten Kapuas dengan target yang 20.000 Ha.

(Baca Juga : Gubernur Resmikan Gedung IKR dan Gedung Laboratorium Mikrobiologi Klinik RSUD dr. Doris Sylvanus)

(Baca Juga : Lomba Jukung Tradisional Digelar di Kawasan Sungai Kahayan)

“Saya datang ke Kalimantan Tengah dengan 2 tujuan utama, pertama melihat perkembangan untuk food estate yang di Dadahup terutama yang luasnya 1.000 Ha, kemudian kedua, percepatan tanam di Kabupaten Kapuas Hulu dengan target yang 20.000 Ha”, tutur Sekjen Momon Rusmono.

Momon Rusmono mengatakan terkait dengan Food Estate di Kecamatan Dadahup, permasalahan yang ditemukan saat melakukan peninjauan yakni banjir di sekitar lahan akibat musim hujan saat ini.

“Kita perlu upaya-upaya bagaimana menurunkan air di lahan”, imbuhnya.

Terdapat 2 strategi yang diutarakan Momon Rusmono untuk menanggulangi banjir diantaranya memperbanyak pompa dengan kapasitas cukup tinggi dan beberapa saluran yang perlu dibuka atau ditutup sehingga air segera diharapkan segera surut.

“Mudah-mudahan dalam jangka tidak terlalu lama kita bisa melakukan penanaman”, jelasnya.

Dikatakan oleh Momon Rusmono, untuk olah lahan, seluruh unsur terkait termasuk para petani sudah siap untuk melakukan penanaman. Terkait dengan percepatan tanam di Kabupaten Kapuas, Momon Rusmono mengutarakan dari target 20.000 Ha, hanya 9.000-10.000 Ha yang sudah siap tanam.

“Masih ada 10.000 lagi, kita targetkan paling lambat akhir April selesai”, pungkasnya.

Terakhir, Momon Rusmono mengatakan, tindak lanjut dari kunjungan di Desa Bentuk Jaya, Kabupaten Dadahup, yakni pihaknya akan melakukan koordinasi 2 Tahap dengan pihak terkait. Pertama, khusus membahas perkembangan kawasan Food Estate di Kecamatan Dadahup termasuk masalah air. Kedua, melakukan koordinasi dengan percepatan tanam untuk target 20.000 ini agar bisa segera tercapai.


Sementara itu, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri mengatakan, dari hasil tinjau lapangan hari ini akan dilakukan pembahasan secara intens untuk mengatasi permasalahan lapangan, terkhusus dampak dari curah hujan yang cukup tinggi akhir- akhir ini.

“Kita yakin, permasalahan yang ada akan dapat teratasi atas kerja sama dan dukungan semua pihak, dan Pemprov. Kalteng yakin program strategis food estate akan berhasil”, pungkas Fahrizal.

Sekretaris Daerah Prov. Kalteng didampingi oleh Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait beserta Forkopimda Kabupaten Kapuas. (WDY/Foto:Arya)

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster