Provinsi Kalimantan Tengah lahir pada tanggal 23 Mei 1957, esensi lahirnya Provinsi Kalimantan Tengah dalam salah satu petikan pidato Bapak RTA. Milono, yang merupakan sebuah pesan mulia bagi para generasi penerus Kalimantan Tengah, yang menegaskan tentang  semangat  dasar  dari  pembentukan  Provinsi  Kalimantan Tengah bahwa “Propinsi Kalimantan Tengah adalah buah hasil pertimbangan politik, tetapi yang hendaknja bukan didjadikan tempat orang mentjari pangkat atau kedudukan; Propinsi ini terbentuk setelah perumusan tindjauan ekonomis, Sosial, Kulturil dan sebagainja, djanganlah sekali-kali sampai didjadikan tempat orang mengadu untung, mengeruk kekajaan benda, memperbudak sesama, mementingkan perbedaaan kesukuan atau kepertjajaan agama”.

RTA Milono (Raden Tumenggung Aryo Milono) (1955-1957) (Catatan: kalau tidak salah setelah di Kalimantan RTA Milono menjadi Gubernur Jawa Timur 1957-1959) Gubernur Kalimantan berkedudukan di Banjarmasin, sesudah bubarnya RIS (Republik Indonesia Serikat), maka sejak 14 Agustus 1950 Provinsi Kalimantan dibentuk ulang, selanjutnya dilakukan pembagian wilayah Provinsi Indonesia di Kalimantan dari hanya 1 (satu) menjadi 3 (tiga) yaitu Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Pada tanggal 23 Mei 1957 Provinsi Indonesia di Kalimantan menjadi 4 (empat) Provinsi, yaitu pemisahan Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan  menjadi Provinsi baru Kalimantan Tengah. tanggal 25 Oktober 2012 Provinsi Indonesia di Kalimantan menjadi 5 (lima) dengan pemisahan bagian wilayah Provinsi Kalimantan Timur menjadi Provinsi Kalimantan Utara.

Sejak pendirian ibu kota Kalimantan Tengah, Palangka Raya, wacana Palangka Raya menjadi cadangan ibu kota NKRI terus bergulir ke masa kini. Beberapa link artikelnya klik   link ini   dan   yang ini.

Hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah tanggal 23 Mei 1957 selalu dirayakan dengan meriah.

 

SECARA LENGKAP SAMBUTAN GUBERNUR KALIMANTAN TENGAH DALAM MEMPERINGATI HARI JADI KE - 56 PROVINSI KALIMANTAN TENGAH DAPAT DI DOWNLOAD PADA LINK DI BAWAH INI :

SAMBUTAN GUBERNUR KALIMANTAN TENGAH

SELAMAT HARI JADI KE – 56 PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Marilah "Dengan semangat hari jadi ke - 56 Provinsi Kalimantan Tengah, kita satukan pikiran, perkataan, perbuatan dan pengabdian serta program kita agar rakyat Kalimantan Tengah lebih maju, rukun, damai sejahtera dan bermartabat melalui kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas".

DIRGAHAYU KALIMANTAN TENGAH.

MAJU DAN JAYALAH KALIMANTAN TENGAH.

MAJU DAN JAYALAN BUMI TAMBUN BUNGAI, BUMI PANCASILA.

MAJU DAN JAYALAH NKRI.

 



Komentar menunjukkan dedikasi kita...

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren