Gambaran Pelayanan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah
Kedudukan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimatan Tengah berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah nomor 6 Tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Provinsi Kalimantan Tengah dan Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 26 Tahun 2008 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah. Dalam pelaksanaan tugas Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah terdiri dari 1 (satu) Sekretaris Dinas, 5 (lima) Bidang, UPTD Balai Uji dan 6 (enam) Unit Pelaksana Teknis Dinas di Kabupaten.

1.         Sekretaris Dinas

Memiliki fungsi untuk mengkoordinasikan kegiatan pelayanan administrasi ketatausahaan, pengelolaan urusan kepegawaian, organisasi dan tatalaksana, analisis jabatan, keuangan, perlengkapan, rumah tangga dan lingkungan masyarakat serta mengkoorrdinasikan penyusunan program dan penyelenggaraan tugas-tugas bidang secara terpadu juga tugas pelayana administratif.

2.         Bidang Sumber Daya Air

Merumuskan kebijakan, pola dan rencana pengelolaan sumber daya air, mengatur pelaksanaan menetapkan dan memberi izin atas penyediaan, peruntukan penggunaan dan pengusahaan sumber daya air. Memberi rekomendasi teknis atas penyediaan dan penggunaan pengusahaan air, mengorganisir pembentukan dewan sumber daya air, memfasilitasi penyelesaian sengketa antar kabupaten/kota dalam pengelolaan sumber daya air, menjaga efektifitas dan efisiensi ketertiban pengelolaan sumber daya air, memberi bantuan teknis, melakukan pembinaan, pengawasan, pengendalian, monitoring dan pelaporan pelaksanaan tugas.

3.         Bidang Bina Marga

Perumusan rencana teknis dan program di bidang pengembangan prasarana jalan dan jembatan, pengawasan pembangunan dan rehabilitasi sarana prasarana jalan dan jembatan, pengawasan dan pengendalian teknis, pengolahan data dan penyusunan laporan, penanggulangan dan penanganan keadaan darurat, pembinaan jalan wewenang provinsi, penyelesaian permasalahan lintas kabupaten/kota, melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian dan monitoring evaluasi pelaksanaan tugas, dan fasilitasi bantuan teknis pengelolaan bidang jalan dan jembatan.

4.         Bidang Cipta Karya

Melaksanakan penyusunan program kebijakan bidang Cipta Karya, melakukan pembinaan pelaksanaan program, melakukan identifikasi permasalahan di bidang Cipta Karya, mengatur pelaksanaan kegiatan, melaksanakan evaluasi dan pelaporan kegiatan dan hasilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

5.         Bidang Tata Ruang dan Pengembangan Kawasan Strategis

Mengkoordinasikan pelaksanaan perencanaan operasional kegiatan bidang tata ruang dan pengembangan kawasan strategis sebagai penjabaran dari rencana program, menyusun pelaksanaan pengaturan, pembinaan, pembangunan dan pemanfaatan tata ruang kawasan strategis provinsi.

6.         Bidang Bina Konstruksi

Melaksanakan tugas pembinaan dalam sektor jasa konstruksi, pengembangan dan penyebarluasan teknologi dan informasi yang berkaitan dengan pengembangan konstruksi, sosialisasi peraturan dan perundang-undangan yang relevan dalam pelaksanaan sektor konstruksi Indonesia, penyelenggaraan pembinaan, pelatihan, sosialisasi, diseminasi, forum diskusi jasa konstruksi, koordinasi dan konsultasi lintas kabupaten/kota.

7.         Balai Pengujian Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah.

Melaksanakan kegiatan-kegiatan penelitian dan pengujian konstruksi di bidang ke pekerjaan umuman khususnya penangan pekerjaan-pekerjaan konstruksi di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah.

8.         Unit Pelaksana Teknis Dinas

Melaksanakan kegiatan-kegiatan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah yang sifatnya dari Kepala Dians Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah dalam upaya pemantauan maupun perbantuan, penanganan, pelaksanaan pekerjaan di daerah-daerah yang menjadi tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah.

 

 



Komentar menunjukkan dedikasi kita...

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren