Sejak bertugas di  Kalimantan Tengah terhitung tanggal 04 Agsustus 2015, Pj. Gubernur Kalimantan Tengah Drs. Hadi Prabowo, MM melakukan konsolidasi dan langkah-langkah upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kalimantan Tengah akibat kemarau panjang yang sedang terjadi di daerah ini.

Surat Keputusan Tanggap Darurat dan Rapat Segenap Pihak bersatu untuk melakukan tindakan darurat difinalkan pada tanggal 08 September 2015 di Palangka Raya. Rapat Forkompinda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) dan seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dipimpin langsung Pj. Gubernur menyepakati Komandan Satuan Tugas Tanggap Darurat Penanggulangan Kebakaran Hutan Lahan dan Pekarangan (Karhutlakar) adalah Komandan Korem 102 Paju Panjung.

Kegiatan akan fokus kepada tindakan cepat quick respon yang dimulai dengan briefing setiap pagi dan evaluasi kinerja tanggap darurat.

Dengan demikian kondisi Kalimantan Tengah dalam hal ini adalah TANGGAP DARURAT dimana Pj. Gubernur menyatakan bahwa semua pihak yang terutama terkait dengan masalah ini, dituntut betul-betul berupaya maksimal dalam penanganannya, baik mengatasi kebakaran itu sendiri maupun penegakan hukum bagi para pelaku pembakaran lahan.

Upaya ini juga telah dikomunikasikan Pj. Gubernur dan mendapat respon cepat dari Pemerintah Pusat c.q. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang melalui komunikasi telpon memfasilitasi Provinsi Kalimantan Tengah untuk secepatnya mengajukan dana tanggap darurat yang akan digunakan meningkatkan daya operasi tanggap darurat lebih maksimal.

Meskipun dalam kondisi yang cukup menyedihkan bencana alam kebakaran tersebut, Provinsi Kalimantan Tengah masih sanggup berprestasi antara lain terbaik dalam penyerapan anggaran tahun 2015 ini serta termasuk 15 besar daerah yang terbaik menangani ketenagakerjaan.

Pusat Komando (POSKO) Tanggap Darurat di Provinsi Kalimantan Tengah:

Lokasi                        : Aula BLH Provinsi Kalimantan Tengah Jln. Willem AS Palangka Raya

Posko Darat              :  Kantor Damkar Komplek Kantor Gubernur Kalimantan Tengah Jl. RTA. Milono

Telpon Penting         :  Gubernur Kalimantan Tengah    0536 3222000, 3221354

                                                                                      Fax         0536 3222845

                                                                                     HP          +6281331805805

                                              Ajudan Gubernur            HP          +6281293607060

E-mail  :     tanggap-darurat@kalteng.go.id

Komandan Satgas  :  Komandan Korem 102 Paju Panjung.

Media Center :   Ari  No.081251428042 (Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika.

                          Dodot : 081320389498 (Korem)

Informasi jadwal kegiatan 24 jam. Media Center Satgas Tanggap Darurat Karhutlakar Provinsi Kalimantan Tengah  Aula BLH Provinsi Kalimantan Tenga Jln. Willem AS, menerima keluhan, laporan masyarakat, membuat laporan perkembangan kondisi dan kegiatan, dan membuat laporan.

 

Tanggal 15 /09/2015 Komandan Satgas Terpadu Karhutlakar Kolonel Arh Purwo Sudaryanto memimpin Apel Gelar Satgas Tanggap Darurat di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Tengah. Beliau menyampaikan bahwa elemen masyarakat bersama dengan pemerintah (Satgas khususnya) bergabung menanggulangi bencan asap ini di Kalimantan Tengah. Kondisi terakhir menunjukkan berkurangnya kabut asap sesuai hasil pantauan satelit yang tersdedia online. 

Sangat luasnya wilayah Kalimantan Tengah yang 1,5 kali luas Pulau Jawa dengan distribusi lokasi kebakaran yang amat jauh dari jangkauan operasi darat mengurangi kemampuan satgas darat untuk melakukan pemadaman, dan hal ini terkendala perlengkapan yang jauh dari memadai yaitu dibutuhkan sarana parasarana teknologi tinggi seperti helikopter bom air yang amat terbatas juga jumlahnya. 

Umat beragama juga bahu membahu berperan secara moril menyampaikan do'a kepada Yang Maha Kuasa agar diberikan keselamatan dan kesehatan kemampuan masyarakat dan seluruh upaya yang ada di Kalimantan Tengah dapat segera berhasil terutama dimohonkan turunnya hujan yang lebat dan merata diseluruh Kalimantan Tengah untuk mengakhiri bencana asap ini. 

16/09/2015  CIMTROP, DR. Ir. Suwido Hester Limin, MS; Center for International Co-operation in Sustainable Management of Tropical Peatland bekerja sama dengan FAIS (Kitakyusu Foundation for the Advancement of Industry Science and Technology) University Japan; Dansatgas Karhutlakar Danrem 102 Paju Panjung Kolonel Arh Purwo Sudaryanto, Kepala Balibang Inovasi dan Teknologi kota Palangka Raya Kaspiannoor, bertempat di Kelurahan Kalampangan ex. Proyek Lahan Gambut Blok C melakukan Uji Coba Fire Extinguishing Demonstration Test menggunakan air yang dicampur dengan busa. Hasil uji coba menggunakan busa sabun dari Jepang sekali siram suhu gambut yang terbakar menurun dan air busa sabun menghalangi oksigen masuk yang mampu mematikan sisa titik api dalam gambut yang biasanya dengan air biasa tetap tersisas api di bawah lapisan gambut itu. Busa sabun yang digunakan sehari-hari sama gunanya dengan busa sabun dari Jepang tersebut. Busa sabun tidak merusak ekosistem mikrobiologi gambut tersebut. Secara teknis ketebalan 30-40 centimeter gambut terbakar seluas satu meter persegi memerlukan penggenangan air 200-400 liter, dengan air busa sabun memerlukan 5 sd. 10 liter.

17/09/2015 Drh. H.I. KETUT WIDHIE WIRAWAN ,SH, MM Asisten Sekretaris Daerah Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan melaporkan tersedianya DSP Dana Siap Pakai tanggap darurat dari Pemerintah Pusat hari ini 17/09/2015 akan ditransfer dengan rincian LANUD Rp. 333.860.000,- TNI Rp. 1.750.000.000,- dan POLDA Rp. 927.720.000,-

18/09/2015 di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Pj. Gubernur Kalteng Hadi Prabowo melalui Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Syahrin Daulay melakukan rapat TPID Tim Pengendali Inflasi Daerah. Pengendalian inflasi melalui Pasar Penyeimbang disemua Kabupaten / Kota se Kalteng terus diaktifkan sebagaimana selama ini terus dilaksanakan, juga semakin intensif dilakukan karena adanya musim kering / kabut asap yang masih berlangsung. Konsep pasar penyeimbang ini adalah menggerakkan peran masyarakat untuk mengendalikan inflasi yang dimotori oleh pemerintah daerah, dimana peran pemerintah melakukan upaya berkelanjutan menanamkan dalam jiwa seluruh masyarakat khususnya yang langsung mengelola komoditas, agar merasa saling memiliki kepentingan akan adanya ekonomi daerah yang stabil bagi kesejahteraan bersama.  Pemerintah melakukan segala daya upaya agar inflasi tidak merusak perekonomian daerah dengan melakukan injeksi perhatian dan tindakan bila ada komoditas tertentu mengalami gejolak harga. Hal ini berbeda dengan konsep pasar murah, yaitu konsep pasar penyeimbang membangun keseimbangan suply dan demand oleh masyarakat dan pemerintah untuk menjaga keseimbangan harga yang terjangkau dan berdampak saling tenggang rasa sesama pelaku pasar dengan pemerintah, bukan adu murah harga.


18/09/2015 Pj. Gubernur Kalteng mengunjungi RSUD Doris Sylvanus melakukan kunjungan kepada pasien ISPA yang melonjak jumlahnya musim asap ini. Bahwa meskipun lonjakan pasien keseluru-han termasuk ISPA mencapai 30 % kapasitas fasilitas layanan rmuah sakit masih cukup tersedia dengan baik.
 
19/09/2015 - 23/09/2015 Pj. Gubernur Kalteng terus menggiatkan satgas tanggap darurat berjalan sesuai dengan kemampuan yang tersedia .........
 
24/09/2015 Presiden RI Djoko Widodo beserta rombongan berada di desa Jabiren Kabupaten Pulang Pisau langsung ke salah satu lokasi kebakaran hutan dan lahan serta pekarangan di Kalimantan Tengah, Bapak Presiden bergerak dari Banjarmasin pagi hari dan kembali dari lokasi tersebut sekitar pukul 17.00 ke Banjarmasin.

 

 

Foto: Presiden RI Djoko Widodo, meninjau lokasi kebakaran di Kabupaten Pulang Pisau 24/09/15. Sumber Tabengan Ed 1762.

 Klik link berita Siaran Pers tindak lanjut kunjungan Presiden RI ke lokasi bencana kebakaran  

 

29/09/2015 Untuk quickest respon CIMTROP, Pakar Gambut Kalimantan Tengah DR. Ir. Suwido Hester Limin, MS; INFO SISTEM BOR (Pipa PVC 1,5 inchi).  Bor 1. Kedalaman 24m, berturut - turut dari atas ke bawah, lap gambut 12m, lap liat 6m, lap pasir 6m, selanjutnya kerikil berpasir. Waktu pengeboran 3 jam 25 menit.  Biaya bahan, angkut, bhn bakar dan upah Rp 1.968.000,-.  Bor 2, Kedalaman 21m; lap gambut 5,5m, lap liat 9m, lap pasir 6,5m, selanjutnya kerikil berpasir.  Waktu pengeboran 1 jam 40 menit. Biaya Rp1.908.000,-.  Debit air Nozzle dg panjang slang 150m rata2 2,0 liter/detik. Diprediksi, titik api berhasil di blok dg Water Transect, pk 24.00 atau 02.00 malam ini. Catatan: 1) biaya tergantung letak titik bor, kedalaman (terutama ketebalan lap cadas/granit bisa mencapai Rp4,0juta; 2)Teruji, 24 jam nonstop dipompa, air tanah tersedia; 3)Sumur bor tahun 2002, bisa dipakai tahun 2009 dan 2014 (dipelihara), 4)Pembuatan sumur bor pernah dilaksanakan BPPLHD, tetapi kurang berhasil. 5)TSA KALTENG di Radio/Frekuensi 144.960. Tks. SHL(29.09.15).

Klik hal itu nampaknya sejalan dengan saran Mantan Gubernur Kalteng DR. A. Teras Narang, SH ....

Klik Menteri LHK ...

Info Humas Protokol ...... 

Info cuaca Palangka Raya ...

Artikel Kompasiana Jamu Asap ......

Artikel terkait  1   2   3   4  Sekab 

Tanggal 19/10/2015 pukul 15.00 WIB bertempat di halaman Kantor Gubernur Kalteng, untuk kesekian kalinya Pj. Gubernur Kalteng Bpk. Hadi Prabowo dan Dansatgas Kahutlakar Danrem 102 Paju Panjung  serta seluruh pejabat SKPD Provinsi Kalteng melakukan mobilisasi segenap Aparatur Sipil Negara Lingkup Pemerintah Provinsi Kalteng untuk melakukan lanjutan upaya mengurangi / memadamkan api diseputar kota Palangka Raya.

Dalam kondisi matahari tertutup kabut asap yang kadang kuning dan memutih, dilakukan briefing singkat oleh Danrem, dilanjutkan arahan teknis dari Kepala BPBD Provinsi Kalteng, untuk langsung terjun kelapangan secara beregu, dibagi dalam 3 regu utama dengan radius kegiatan sekitar 15 km dari pusat kota Palangka Raya.

Mobilisasi ini dengan seluruh peralatan yang amat terbatas, misalnya dalam foto yang terbaik adalah mobil tangki air dan pompa untuk pendulang emas untuk memadamkan api yang sudah dalam sekam, menjalar di lapisan bawah gambut / tanah. Disediakan juga dukungan alat kesehatan secara terbatas.

Kondisi kota Palangka Raya saat ini sudah jarang terlihat matahari sejak pagi sampai malam hari, namun aktivitas masyarakat cukup lancar dan nampaknya tingkat higienis dipermukiman terpencil agak menurun karena kualitas air minum yang menurun akibat kemarau panjang., namun sebagian besar dapat diatasi dengan air kemasan.

Tim Serbu Api dari CIMTROP Universitas Palangka Raya dipimpin Dr. Ir. Suwido H. Limin, M.Si nampaknya terus giat bekerja membuat sumur bor yang dilakukan memasuki pinggiran kota, dimana api terus menjalar mendekati permukiman dan nampaknya pekerjaan tim itu sangat baik meski dengan kondisi perlengkapan yang amat minim.

 

 

23/10/15 Rapat Persiapan Laporan Karhutla Kalteng ke Presiden & Persiapan Rakornis Pengedalian Karhulta se Kalteng.

26/10/15 seiring terus berjalannya tindakan operasional darurat asap dilapangan, Pj. Gubernur, Forkompinda Provinsi dan jajaran Pejabat Pemprov dan Kepala Daerah Kab / Kota beserta jajarannya, Forkompinda Kab/ Kota melakukan Rapat Pengendalian Kebakaran Hutan Lahan dan Pekarangan se - Kalimantan Tengah menggunakan fasilitas video teleconference di dukung TELKOM dan TVRI. Secara komprehensif sejak pukul 13.00 - 18.00 dilakukan komunikasi interaktif aspek nromatif, stratejik dan operasional tanggap darurat, sampai kepada upaya tindak lanjut ke depan. Beberapa kata kunci yang berjalan dilakukan dilapangan antara lain Rumah Oksigen, Posko Evakuasi, Rumah Singgah, Air Purifier, Sarana Kesehatan Mobile, dan lain-lain terkait penanganan tanggap darurat asap di Kalteng. Sangat luasnya daerah terbakar dengan terbatasnya jangkauan manusia memerlukan prasarana sarana yang lebih baik lagi, seperti rencana menggunakan pesawat menjangkau areal terbakar tak terjangkau kemampuan peralatan konvesional. Rapat tersebut meningkatkan kualitas penanggulangan bencana asap oleh jajaran Pemerintah Daerah se Kalimantan Tengah baik dari unsur pusat manu pun daerah, dan segera dilaporkan ke Pemerintah Pusat sebagai upaya memberikan informasi tambahan dalam penanggulangan bencana asap.  

31/10/2015 Bapak Presiden bersama Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan rombongan tiba di Palangka Raya langsung mengunjungi Sekolah Dasar dan blocking kanal di desa Tumbang Nusa yang berjarak sekitar 1,2 jam dari Palangka Raya. Presiden kembali Jakarta pukul 16.00. Petang Hujan turun dengan cukup lebat sekitar 3 jam di Palangka Raya. Akibat angin puting beliung terjadi kerusakan bangunan SMAN 1 Palangka Raya dan bangunan pasar penyeimbang untuk Pengendalian Inflasi Daerah.

01/11/2015 Bencana Kebakaran di Kantor Gubernur Kalteng gedung sayap Kiri pada Biro Pemberdayaan Perekonomian dan Administrasi Sumberdaya Alam; Biro Keuangan dan dampak merusak ruang Kantor Sekda serta Ruang Kantor Gubernur.

02/11/2015 Penetapan Tanggap darurat Karhutla di Kalteng oleh Gubernur Kalteng berlanjut sampai dengan 20 November 2015

04/11/15 Pergub No. 15 / 2015 tentang Pedoman Pembukaan Lahan dan Pekarangan Bagi Masyarakat di Kalimantan Tengah terhitung Selasa 03/11/2015 resmi di cabut. 

17/11/15  Pj. Gubernur Kalteng memimpin APEL BESAR "HASUPA HASUNDAU" di halaman Kantor Gubernur Kalteng diikuti seluruh KOPPRI ASN, unsur TNI, POLRI dan elemen masyarakat. Pj. Gubernur Kalteng menyampaikan arahan, pembinaan dan pengendalian upaya-upaya pembangunan daerah, kewaspadaan bahaya kebakaran hutan lahan pekarangan, aspek PILKADA dan APRESIASI berupa penghargaan kepada segenap pihak dari unsur masyakarakat / dunia usaha dan pemerintahan baik pusat mau pun daerah yang telah berperan dalam penanggulangan karhutla. Peresmian 2 unit mobil ambulance bantuan pemerintah pusat yang dioperasikan oleh RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

24/11/15 Tanggal 20 November Tanggap Darurat Karhutla Kaleng berakhir. Rapat Evaluasi Penanggulangan Bencana Karhutla 2015 di Hotel Aquarius Palangka Raya.

 

 

 



  Ayoo Tanggulangi Asap by ahmadhelmi72 @ November, 06 2015 19:59 [balas komentar] [lapor]

 Ayoo Bapak2 Bersama menanggulang asap yg mengancap hajat hidup org banyak  kami dari seragamshop.com pastinya untuk asap mendukung penuh bila butuh bantuan utk 

Kaos mempromokan Kalteng, Seragam Kerja Pemdanya, Seragam Olahraga, kami siap bantu dan bekerja sama

 

merdeka..merdeka

  Bukan Bencana Nasional by John Anugerah @ November, 23 2015 09:33 [balas komentar] [lapor]

ini bukan bencana nasional, tapi kriminal nasional.

  TANGGAP DARURAT BENCANA by nurzanah @ Desember, 27 2015 13:44 [balas komentar] [lapor]

kegiatan popkus pada tanggap darurat bencana kalteng ,

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren