Dalam rangka penyamaan persepsi serta monitoring dan evaluasi evaluasi pelaporan pengadaan barang/jasa pemerintah secara online, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis Monitoring dan Evaluasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah secara Online se-Kalimantan Tengah tanggal 18 April 2016 di Aula Jayang Tingang Kompleks Kantor Gubernur Kalimantan Tengah. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pejabat Eselon III yang menangani pelaporan Monev Online/Sismontep pada Dinas/Badan/Unit Kerja Provinsi Kalimantan Tengah serta Kepala Bagian Administrasi Pembangunan dan Kepala Bidang yang menangani pelaporan Monev PBJP secara Online pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah. Narasumber kegiatan berasal dari Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah selaku leading sector pemantauan pelaporan Monev Online.


              Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Dr. Siun Jarias, SH, MH, dalam sambutan dan arahannya yang dibacakan oleh Kepala Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Ir. Herson, Dipl.I.S., M.Sc, menegaskan bahwa tahun 2016 merupakan tahun pertama pelaksanaan pembangunan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah periode 2016-2021 (Sugianto Sabran dan Habib H. Said Ismail) dengan visi “Kalimantan Tengah Maju, Mandiri, dan Adil untuk Kesejahteraan Segenap Masyarakat Menuju Kalimantan Tengah BERKAH (Bermartabat, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis) dan 9 (sembilan) misi yakni 1) Pemantapan Tata Ruang, 2) Pengelolaan Infrastruktur, 3) Pengelolaan Sumberdaya Air, Pesisir, dan Pantai, 4) Pengendalian Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi Penanggulangan Kemiskinan, 5) Peningkatan Bidang Perekonomian Menuju Kalteng BERKAH, 6) Pemantapan Tata Kelola Pemerintah Daerah, 7) Pendidikan, Kesehatan, dan Pariwisata, 8) Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Sumberdaya Alam, dan 9) Pengelolaan Pendapatan Daerah. Berdasarkan visi dan misi tersebut, saat ini sedang disusun RPJMD 2016-2021 sebagai target kinerja lima tahun ke depan dan target kinerja tahunannya. Terkait dengan visi dan misi tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah meminta seluruh SKPD mampu menerjemahkannya ke dalam program/kegiatan strategis yang implementatif dan efektif serta sinergis dalam rangka percepatan pembangunan Kalimantan Tengah BERKAH.

Dalam pelaksanaan program/kegiatan, SKPD Provinsi Kalimantan Tengah selaku pelaksana dan pengelola anggaran baik yang didanai dari APBD Provinsi maupun dari APBN yang dibelanjakan di Provinsi Kalimantan Tengah  diingatkan kembali untuk mengoptimalkan pelaksanaan belanja APBD dan APBN bagi pencapaian kinerja pembangunan tahun 2016, karena hal tersebut sangat menentukan bagi langkah-langkah pemerintah daerah selanjutnya untuk mencapai sasaran pembangunan di tahun 2017 yang akan datang.

APBD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2016 telah ditetapkan berdasarkan  Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 10  Tahun 2015 tanggal 31 Desember 2015 dengan struktur anggaran sebagai berikut: APBD tahun 2016 ditetapkan untuk pendapatan sebesar Rp. 4,235 triliun lebih dan mengalami kenaikan sebesar Rp. 689,919 miliar lebih (16,29%) dari APBD tahun 2015 untuk pendapatan sebesar Rp. 3,545 triliun, belanja tahun 2016 sebesar Rp. 4,225 triliun lebih dan mengalami kenaikan sebesar Rp. 505,462 miliar (11,96%) dari belanja tahun 2015 sebesar 3,719 triliun, penerimaan pembiayaan daerah tahun 2016 sebesar Rp. 136 miliar atau turun sebesar Rp. 62,940 miliar (31,64%) dari pembiayaan daerah tahun 2015 sebesar Rp. 198,940 miliar, dan pengeluaran pembiayaan daerah tahun 2016 sebesar Rp. 146,602 miliar atau naik sebesar Rp. 121,517 miliar (82,89%) dari pengeluaran pembiayaan daerah tahun 2015 sebesar  Rp. 25,085 miliar.
Dari hasil evaluasi pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah di Provinsi Kalimantan Tengah, upaya percepatan realisasi anggaran melalui kickoff penandatanganan kontrak secara kolektif telah dilaksanakan kontrak pada tahun 2014-2016 sebanyak 906 paket dengan nilai total kontrak sebesar  Rp. 411,42 miliar.
Dari hasil evaluasi pelaporan pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah secara online melalui website resmi pemerintah secara nasional pada url: http://monev.lkpp.go.id, untuk tingkat provinsi, dari 46 SKPD hanya 1 (satu) SKPD yang belum mendapatkan hak akses aplikasi monev.lkpp.go.id berupa user ID dan password yakni Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kalawa Atei. Hal ini dikarenakan SKPD dimaksud baru terbentuk akhir tahun 2015 dan belum berkoordinasi dengan Administrator Pusat Pelayanan Elektronik (PPE) pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kalimantan Tengah yang berada di bawah Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah. Karena belum memiliki kode akses, maka RSJ Kalawa Atei belum bisa menginput data online pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah. 25 SKPD Provinsi telah menginput seluruh data realisasi anggaran pada aplikasi monev.lkpp.go.id, yang terdiri dari struktur anggaran, perencanaan pengadaan, progres keuangan, progres fisik, serta proses pengadaan barang dan jasa. Selanjutnya, 2 (SKPD) hanya menginput sebagian data, yaitu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta RSUD dr. Doris Sylvanus. Kemudian, 18 SKPD belum menginput seluruh data realisasi anggaran.

Untuk tingkat kabupaten/kota, dari 13 kabupaten dan 1 kota yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah yang menginput data realisasi anggaran pada Monev Online/Sismontep per 31 Maret 2016, sebanyak 2 (dua) kabupaten belum menginput seluruh data yakni Lamandau dan Barito Selatan, serta 1 (satu) kabupaten hanya menginput sebagian data yakni Sukamara.

Dari hasil keputusan rapat koordinasi teknis, seluruh SKPD baik yang sudah menginput, menginput sebagian, maupun yang belum menginput data realisasi anggaran per 30 April 2016 agar segera menginput data paling lambat tanggal 10 Mei 2016 dengan tujuan memudahkan pejabat penghubung provinsi dan kabupaten/kota mengevaluasi pelaporan yang disampaikan secara online tersebut.
Dalam rangka pelaksanaan serta keaktifan pengisian data manual dan online pengadaan barang/jasa pemerintah pada SiRUP dan Monev Online, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah menekankan bahwa salah satu upaya untuk percepatan realisasi anggaran adalah dengan mendorong optimalnya pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah meminta agar pengadaan barang/jasa pemerintah dapat dilaksanakan dengan efesien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil/tidak diskriminatif dan akuntabel. Dalam pelaksanaannya agar berpedoman kepada Peraturan Presiden R.I. Nomor 54 Tahun 2010 dan perubahan-perubahannya tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, disamping itu juga memperhatikan Instruksi Presiden R.I Nomor 1 tahun 2015 tentang Percepatan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Hal-hal lain yang menjadi arahan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah kepada Bupati/Walikota dan SKPD Provinsi adalah sebagai berikut: 1) Kepala Dinas/Badan/Instansi/Satuan Kerja Provinsi/Kabupaten/Kota agar bekerja lebih keras lagi untuk percepatan penyerapan anggaran pada tahun 2016, antara lain dengan mengoptimalkan pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah; 2) Sesuai instruksi Gubernur Kalimantan Tengah agar Kabupaten/Kota proaktif melaksanakan Pra-Rapat Pimpinan dan Rapat Pimpinan TEPRA setiap bulannya; 3) Agar lebih proaktif melakukan monitoring dan evaluasi terhadap proses pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah, untuk itu seluruh SKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah termasuk Admin Pejabat Penghubung TEPRA Provinsi dan Kabupaten/Kota diwajibkan menggunakan e-Monev atau Monev Online dan telah tuntas menginput data pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah melalui aplikasi: monev.lkpp.go.id; 4) Agar melaporkan hasil monitoring dan evaluasi pengadaan barang dan jasa pemerintah kepada Gubernur Kalimantan Tengah setiap bulan melalui TEPRA Kalimantan Tengah dan Tim Fasilitasi serta Pembinaan TEPRA Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah. 

Hasil Rapat Koordinasi Teknis Monev PBJP secara Online se-Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2016 secara lengkap dapat didownload pada tautan di bawah ini:

Laporan Pelaksanaan Kegiatan Rakornis Monev Online se-Kalteng T.A. 2016
Risalah Keputusan Rakornis Monev Online se-Kalteng T.A. 2016



  - by dilasalma @ January, 11 2017 15:15 [balas komentar] [lapor]

makasih infonya ucapan lebaran

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren