Angka kematian akibat sakit jantung terus meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Salah satu hal yang turut menyumbang peningkatan sakit jantung adalah pola hidup yang tidak sehat. Serangan jantung biasanya disebabkan karena penyakit jantung koroner, yaitu gangguan dimana pembuluh darah jantung tersumbat oleh plak. Meskipun sampai saat ini belum ada cara untuk mengetahui pasti kapan serangan jantung dapat terjadi, akan tetapi faktor-faktor risiko terkait dengan gangguan ini telah diketahui. Faktor risiko utama yang diketahui dan dapat dikontrol adalah tekanan darah tinggi, kadar kolesterol dalam darah yang tinggi, obesitas, merokok, dan gaya hidup tidak aktif.

Berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan jantung Anda :Jangan merokok. Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang perlu Anda tinggalkan. Merokok memberikan tubuh Anda stres oksidatif yang dapat meningkatkan perkembangan plak lemak di dalam pembuluh jantung koroner Anda. Jaga pola makan yang sehat. Bagaimana pola makan yang sehat? Prinsip dasar pola makan sehat untuk jantung Anda adalah: pola makan tinggi buah dan sayuran, makanan kaya gandum (oat), sumber protein seperti ikan, Makanan yang dimakan harus rendah garam dan lemak saturasi, Hindari lemak saturasi yang buruk untuk jantung, banyak dijumpai pada junk food dan makanan yang digoreng, Makanan lebih baik direbus, dikukus atau dipanggang daripada digoreng.  Jaga berat badan ideal Anda. Menurunkan beberapa kilogram berat badan Anda dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Berat badan berlebih biasanya lekat kaitannya dengan penyakit jantung, diabetes, dan kadar kolesterol yang buruk. Aktif beraktivitas. Apapun itu olahraganya, mulailah sekarang. Olahraga dapat menjaga berat badan Anda tetap ideal, menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Pilihlah olahraga yang Anda suka, bisa dimulai dari bermain bulutangkis atau sampai berjalan cepat di sekitar rumah. Batasi alkohol. Konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko peningkatan tekanan darah tinggi yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan penyakit jantung. Selain itu, alkohol yang berlebihan meningkatkan terjadinya penyakit hati. Hindari stres. Stres berhubungan dengan sistem imun dan terjadinya penyakit. Jika Anda sedang berada dibawah tekanan dan stres, carilah pertolongan, bicaralah dengan orang terdekat atau lakukan kegiatan yang Anda suka untuk menurunkan tingkat stres Anda. Kontrol ke dokter.Banyak orang yang takut untuk kontrol ke dokter. Padahal degan melakukan konsultasi dan pemeriksaan, Anda dapat mencegah berbagai penyakit pada tahap dini.

 



  komentar by kabang @ March, 02 2017 16:19 [balas komentar] [lapor]

Berolahraga sama pola makan yang diatur secara berkala kayaknya yang penting sih. Jangan makan yang sembarangan dan sering mengkonsumsi buah-buahan ataupun sayuran.

Sedia Marmer, Plafon & HPL untuk tempat hunian Anda. 

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren