Program PerpuSeru (Perpustakaan Seru) yang dilaksanakan oleh Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) dengan didukung oleh Bill & Melinda Gates Foundation (BMGF), sejak November 2011, telah berhasil mendorong Perpustakaan umum mitra program menjadi pusat belajar Masyarakat yang memberikan layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas hidup Masyarakat.

Saat ini program PerpuSeru diimpelmentasikan di 101 Perpustakaan Kabupaten/Kota dan 233 Perpustakaan Desa/Kelurahan/TBM di 18 Provinsi di seluruh Indonesia tujuan utama untuk mengurangi kemiskinan informasi dan meningkatkan pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi Masyarakat di Indonesia dengan mentransformasikan Perpustakaan Daerah dan Desa menuju pusat informasi pembelajaran yang menjawab kebutuhan Masyarakat melalui peningkatan akses terhadap tekonologi dan layanan yang relevan.

Di Provinsi Kalimantan Tengah saat ini yang bermitra dengan Program PerpuSeru CCFI ada 4 Kabupaten yaitu  Kabupaten Kotawaringin Barat (Tahun 2012), Kabupaten Kapuas,  Kabupaten Barito Selatan, dan Kabupaten Barito Utara (Tahun 2016)  4 Kabupaten yang sudah bergabung dengan Program Perpuseru Perpustakaan Kabupaten semakin maju dalam baik dalam Inovasi pelayanan dan pelibatan Masyarakat.

Acara Puncak kegiatan Peer Learning Meeting Nasional 2016 dilaksanakan closing dinner dihotel Holiday sekaligus  penganugrahan PerpuSeru award 2016 dan Kabupaten Kapuas mendapat 4 Perhargaan yaitu juara 2 kategori Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi, juara 3 Lomba Bercerita Ompact Kategori tulisan, juara 1 Kategori Advokasi Pengembangan Perpustakaan Berkelanjutan, juara 1 Kategori Dokumentasi Kegiatan.

Kegiatan Peer Learning Meeting ini juga di hadiri oleh Kepala Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Kalimantan Tengah Bapak Drs. Rudiansyah Iden dan PIC Provinsi Kalimantan Tengah Ibu Hartiana Pahailendang, SE,MSi

Dalam Pengembangannya sudah banyak penambahan layanan di Perpustakaan yang memberikan manfaat nyata kepada Masyarakat dan mampu memberikan kontribusi yang signifikan kepada Pengembangan Daerah. Setiap Perpustakaan juga menerapkan strategis dan Inovasi yang beragam sesuai dengan konteks lokal dan kebutuhan Masyarakat setempat dan untuk memperkuat kapasitas Perpustakaan, Program Perpuseru akan melakukan Peer Learning meeting Nasional sebagai wadah untuk sharing praktek-praktek baik, strategi, pencapaian dan juga pembelajaran.

 

 

 



  apalah by dazumba @ Desember, 20 2016 03:39 [balas komentar] [lapor]

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren