TAMIANG LAYANG – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Said Ismail menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan HUT Ke-67 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan HUT Ke-55 Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Halaman Kantor Bupati Barito Timur, Kamis (18/5).

Dalam sambutannya, Wagub menyampaikan apresiasi atas kinerja Satpol PP dan berharap satuan organisasi perangkat daerah tersebut dapat semakin bermanfaat bagi bangsa dan negara di pertambahan usianya. Ia mengimbau Satpol PP agar melaksanakan kerjasama secara masif serta mengubah sifat birokrasi dari dilayani menjadi melayani.
Lebih lanjut Wagub menjelaskan bahwa Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah telah memberikan keleluasaan bagi pemerintah daerah untuk membuat peraturan daerah yang berkaitan dengan kondisi daerah. Meski demikian, ia mengingatkan, Perda yang dihasilkan harus implementatif dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Selain penguatan tugas dan fungsi Satpol PP dari sisi regulasi, menurut Wagub, penguatan sarana dan prasarana Satpol PP juga harus dilakukan untuk mengawal kinerja pemerintah dan pelaksanaan demokrasi di Bumi Tambun Bungai.
 
Terkait dengan keberadaan Komunitas Intelijen Daerah (Kominda), Wagub meminta pemerintah berperan meningkatkan kinerja mereka. "Saya meminta agar pemerintah mendorong komunitas intelijen daerah untuk bekerja dengan cepat, akurat dan kuat sebagai salah satu komponen yang bersinggungan langsung dengan masyarakat," katanya.
Sedangkan terkait dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri mengenai pelatihan bagi anggota Satpol PP di Rokan Hilir, Riau, Wagub meminta Kepala Daerah menyambut dukungan pemerintah pusat tersebut dengan menyiapkan anggaran dan anggotanya untuk menciptakan Satpol PP yang baik, terukur, terarah dan handal.
Sementara itu sebelumnya, kedatangan Wagub ke Barito Timur kali ini disambut dengan acara adat Potong Pantan. Adapun dalam acara yang semula akan digelar di Bumi Perkemahan Bangi, Tamiang Layang ini, puluhan anggota Satpol PP Barito Timur menampilkan simulasi Penanganan Hura Hara (PHH) dan Pengendalian Masyarakat (Dalmas) serta beberapa pertunjukan beladiri. Berbagai peragaan juga ditampilkan oleh perwakilan Satpol PP dari kabupaten/kota lainnya.
 
 
Sumber : Bidang Layanan E-Government Diskominfosantik Prov. Kalteng,  Biro Protokol dan Komunikasi Publik Kalteng


Komentar menunjukkan dedikasi kita...

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren