PALANGKA RAYA – Ratusan kendaraan hias baik roda dua maupun roda empat mengikuti pawai takbir menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1438 H pada Sabtu (24/6) malam. Sebanyak 62 kelompok peserta yang berasal dari komunitas keagamaan, pondok pesantren, pengurus masjid, komunitas adat, komunitas pecinta olahraga, sekolah, serta SOPD Provinsi dan SOPD Kota ini, dilepas Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran di Lapangan Sanaman Mantikei, Palangka Raya, sekitar pukul 19.30 WIB.

Pawai kali ini menempuh rute Lapangan Sanaman Mantikei (start) - Jl. Kartini - Jl. Wahidin S.- Jl. A. Yani - Jl. Murdjani - Jl. Diponegoro - Bundaran Kecil - Jl. M.H. Thamrin - Jl. Yos Sudarso - Bundaran Besar - Jl. Katamso - Jl. S. Parman - Jl. D.I. Panjaitan – Bundaran Besar (finish). Sebanyak 368 personel kepolisian disiagakan di titik-titik keramaian warga yang dilalui pawai. Mereka terdiri dari 122 personel Polres Kota Palangka Raya dan 266 personel BKO Polda Kalteng.

Selain Gubernur, sejumlah pejabat tampak hadir pada acara pelepasan peserta pawai, seperti Wakil Gubernur Kalteng, Wakil Ketua DPRD Kalteng, Danrem 102/Pjg, dan Kapolda Kalteng, serta sejumlah pejabat vertikal maupun SOPD lingkup Provinsi dan Kota.

 

 

Dalam sambutannya, Gubernur mengajak masyarakat untuk saling menjaga persatuan dan kesatuan melalui berbagai momentum keagamaan. “Hendaknya saling menjaga persatuan kesatuan di Kalteng agar terwujud Kalteng Berkah,” katanya.

Demikian pula saat diwawancara sejumlah wartawan seusai melepas para peserta pawai, Gubernur kembali menegaskan bahwa terlepas dari besaran hadiah yang diberikan, kegiatan ini utamanya untuk meningkatkan silaturahmi antar warga muslim sendiri maupun untuk meningkatkan kerukunan dengan pemeluk agama lain.

Sementara itu sebagaimana disampaikan Ketua Umum PBHI sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan Ir. M. Hatta, di samping bertujuan meningkatkan iman dan takwa serta rasa syukur selepas menjalankan puasa Ramadhan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi. Hatta juga mengapresiasi para peserta pawai tahun ini yang dinilai mengalami peningkatan dari segi jumlah maupun kreativitas.

Selanjutnya, setelah melalui serangkaian penilaian berdasarkan kriteria tema, kreativitas/aksesoris dan kerapian, Dinas Perkebunan Kalteng berhasil tampil sebagai juara, disusul berturut-turut oleh Bank Kalteng, Disbudpar Kalteng dan Masjid Nurul Islam sebagai juara kedua, ketiga dan juara favorit. Keempat juara tersebut masing-masing menerima hadiah uang senilai Rp 10 juta, Rp 7,5 juta, Rp 5 juta dan Rp 2,5 juta. Sebagai apresiasi, Gubernur secara pribadi menambahkan besaran hadiah yang diterima para juara. Gubernur dan Wagub juga menyempatkan diri menghibur para penonton di panggung utama yang ditempatkan di Bundaran Besar Palangka Raya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur pun kembali mengajak warga masyarakat untuk mengikuti Sholat Idul Fitri atau Sholat Ied di Halaman Istana Isen Mulang. Dalam kegiatan Minggu (25/5) pagi ini, masyarakat berkesempatan memenangkan 25 tiket umroh gratis dari keluarga Gubernur Sugianto Sabran. Kegiatan kali ini juga semakin menarik dengan kehadiran ustad kondang H.M Arifin Ilham yang bertindak sebagai khatib. Sementara itu diinformasikan, Wakil Gubernur Habib Said Ismail melaksanakan Sholat Ied di Masjid Agung Darussalam Kapuas.

Setelah gelaran Sholat Ied, Gubernur, Wakil Gubernur dan Pj. Sekda Kalteng menggelar Open House menyambut Idul Fitri 1438 H, masing-masing di Istana Isen Mulang, serta Rumah Jabatan Wakil Gubernur dan Rumah Jabatan Sekda di Palangka Raya.

Sejumlah pejabat Pemprov Kalteng dijadwakan mendampingi Gubernur dalam Open House kali ini. Sementara para pejabat lainnya secara bersama-bersama bersilaturahmi ke Istana serta kediaman Wagub dan kediaman Pj. Sekda untuk mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri.

 

Sumber : Bidang Layanan E-Government Diskominfosantik Prov. Kalteng,  Biro Protokol dan Komunikasi Publik Kalteng



  nunu by rima @ July, 03 2017 16:10 [balas komentar] [lapor]

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren