Ikan merupakan salah satu produk pangan sumber protein tinggi yang mengandung asam lemak tak jenuh, omega–3, kalsium dan yodium, serta berbagai zat gizi lain yang cukup berkualitas. Berbagai kandungan zat gizi dalam ikan tersebut dibutuhkan untuk pembentukan sel-sel otak (kecerdasan) pada anak, mencegah penyakit jantung koroner dan gondok, menghilangkan kekakuan pada persendian tulang, mempertajam retina mata (penglihatan) serta mencegah premature aging (penuaan dini). Hal ini berarti sumber gizi dari ikan merupakan modal dasar bagi kualitas sumber daya manusia yang cerdas dan sehat.

 

Upaya peningkatan konsumsi ikan dapat dilakukan sebagai suatu langkah secara nasional yang berkesinambungan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) yang salah satu kegiatannya adalah Lomba Masak Serba Ikan. Lomba masak ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah bersama TP-PKK secara berjenjang dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi hingga Nasional, dimana bahan ikan yang akan dilombakan selalu berbeda dari tahun ke tahun, dengan harapan terciptanya keanekaragaman menu masakan berbahan baku ikan di Kalimantan Tengah sehingga dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan. Melalui penyelenggaraan lomba masak ini kiranya mampu mendorong dan merangsang minat masyarakat untuk terus berkreasi menciptakan menu baru, juga menggali potensi daerah sesuai dengan kultur dan budaya masing-masing. Perlu pula penyebarluasan informasi menu makanan berbahan baku ikan kepada masyarakat khususnya sebagai menu hidangan keluarga sehari-hari dengan aroma bumbu tradisional Indonesia yang menyehatkan.


Pada tahun 2017 ini, Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah bertemakan : "MENU MASAKAN IKAN UNTUK KESEHATAN MASYARAKAT" ini diikuti oleh 12 kabupaten dan 1 (satu) kota. Peserta terdiri dari 2 (dua) orang yg mewakili TP-PKK dari masing-masing Kabupaten/Kota, yaitu dari Kab. Sukamara, Kab. Kotawaringin Barat, Kab. Lamandau, Kab. Kotawaringin Timur, Kab. Seruyan, Kab. Gunung Mas, Kab. Pulang Pisau, Kab. Kapuas, Kab. Barito Timur, Kab. Barito selatan, Kab. Barito Utara, Kab. Murung Raya, dan Kota Palangka Raya.


Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2017 ini menggunakan bahan dasar ikan patin yang akan diolah dan disajikan kepada para dewan juri untuk dinilai. dari penilaian ini akan ditetapkan 6 (enam) peserta sebagai Juara 1, 2, 3, Harapan 1, Harapan 2, dan Harapan 3.

 

Kepada masyarakat yang ingin menyaksikan secara langsung kegiatan ini dapat datang ke Aula Gedung TP-PKK Provinsi Kalimantan Tengah, Jalan Brigjen Katamso No. 9 Palangka Raya, pada hari Kamis, 10 Agustus 2017, mulai jam 08.00 WIB sampai selesai.

 

 



  tanggapan by adin @ August, 15 2017 17:23 [balas komentar] [lapor]

wah menarik juga acaranya, sangat seru interior design

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren