NANGA BULIK – Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran secara resmi membuka Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XVI Tingkat Provinsi Kalteng di Stadion Hinang Golloa, Nanga Bulik, Kabupaten Lamandau, Sabtu (16/9) malam. Pembukaan ditandai dengan diperdengarkannya suara tune piano dan pesta kembang api. Ajang kerohanian yang mengusung tema “Kita Tingkatkan Toleransi Menuju Kalteng Berkah” ini sedianya digelar pada 16—21 September 2017.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalteng mengatakan, momen ini pantas disyukuri karena menjadi ajang pertemuan yang mampu memberikan motivasi dan mewujudkan komitmen kebersamaan, sehingga toleransi antar umat beragama dapat terus terpelihara dengan penuh kasih sayang. Menurutnya, toleransi ini bisa mendorong Bumi Tambun Bungai menuju Kalteng Berkah yang maju dan berdaya saing. Selanjutnya, menurut Gubernur Kalteng, ajang yang diikuti sekitar 3500 peserta dari 14 kabupaten/kota se-Kalteng ini mengandung banyak nilai sosial, budaya, dan rohani yang sangat hakiki dan mengandung rasa syukur kepada Tuhan.
Gubernur pun memberikan apresiasi kepada Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kalteng atas terselenggaranya ajang kali ini. Sedangkan bagi peserta dan juri, Gubernur mengingatkan agar para peserta mematuhi aturan main dan juri berlaku adil. “Jangan sampai yang pantas menjadi tidak pantas, dan tidak wajar menjadi wajar. Jadilah juri yang profesional dan berdedikasi,” tegasnya.
Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalteng menyerahkan Piala Bergilir Pesparawi Kalteng, dari Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono selaku perwakilan kontingen peraih juara umum sebelumnya, kepada Bupati Lamandau Marukan selaku Ketua Umum Pesparawi XVI. Gubernur Kalteng juga menyempatkan diri menyapa masyarakat dan peserta di tribun stadion, meski acara pembukaan malam itu diwarnai gerimis.
Selain dihadiri Pj. Sekda Kalteng H. Mugeni, pembukaan Pesparawi kali ini juga dihadiri Bupati dan Wakil Bupati se-Kalteng, dan Ketua DPRD se-Kalteng, serta disaksikan ribuan penonton.
Acara dimeriahkan oleh penampilan artis Ibukota, Rio Febrian dan Lea Simanjutak. Acara juga diwarnai dengan persembahan tari kolosal yang diaransemen langsung oleh koreografer tari kenamaan Ari Tulang. Tak ketinggalan, acara ini juga dipandu oleh pembawa acara skala nasional, Gresia Indri dan John Pantau. Di acara penutupan nanti, rencananya juga akan dimeriahkan oleh penampilan band tanah air, Armada.
Dalam Pesparawi tahun 2017 ini akan dibuka 12 cabang lomba, yaitu paduan suara dewasa campuran, paduan suara pria dan wanita, paduan suara remaja pemuda, paduan suara anak, grup vokal, musik pop gerejawi, solo anak usia 7-9 tahun dan 10-13 tahun, solo remaja putra dan putri, serta musik etnis daerah.
Di sela ajang kali ini, Pemkab Lamandau juga menyelenggarakan kegiatan Lamandau Expo di Halaman Kantor Bupati yang persiapannya melibatkan berbagai elemen lintas agama di kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba ini.
 
Kunjungan Kerja Wilayah Barat
Sementara sebelumnya, dalam kunjungan kerjanya ke Wilayah Barat kali ini, Gubernur Sugianto Sabran menyempatkan diri untuk menghadiri dan membuka Bimbingan Tekni Karang Taruna dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Tingkat Provinsi Kalteng Tahun Anggaran 2017 di Aula Kantor Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis (14/9). Gubernur berharap organisasi Karang Taruna bisa terus sinergi membantu pemerintah dalam kegiatan sosial.
Selanjutnya pada hari yang sama, Gubernur Kalteng juga melakukan kunjungan ke SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Sedangkan agenda berikutnya pada Jumat (15/9), Gubernur Kalteng mengunjungi fasilitas pendidikan muslim, salah satunya Pondok Pesantren Enterpreneur "Dar Al-Raudhah" Islamic Boarding School Pangkalan Bun. Lembaga pendidikan ini merupakan satu-satunya pondok pesantren yang mengusung konsep enterpreneur atau wirausaha. Pada kesempatan itu, Gubernur memberikan bantuan, antara lain berupa bola dan net voli, papan catur, buku bacaan, dan alat tulis.
 
Sumber : Bidang Layanan E-Government Diskominfosantik Prov. Kalteng,  Biro Protokol, Komunikasi Publik Kalteng


  Situs Online Sahabat Keluarga Kemdikbud Untuk Referensi Orang Tua Dalam Mendidik Anak by rafid @ September, 23 2017 13:04 [balas komentar] [lapor]

Dalam rencana mengusahakan untuk jadi orangtua yang cerdas untuk putra-putrinya juga sadar juga akan peranan perlunya jadi pendidik pertama serta paling utama di lingkungan keluarga arti nama, pasti membutuhkan diantara rujukan dalam praktek pendidikan keluarga yang baik.

  Berterimakasih by fitri @ September, 27 2017 18:40 [balas komentar] [lapor]

Terimakasih pak untuk semua informasinya. Yalla Shoot

  sangat penting toleransi by nengnina @ September, 28 2017 16:50 [balas komentar] [lapor]

memang betul sekali, kita harus tinggi terhadap toleransi bersama-sama. agar tetap dingin dan sejuk, seperti kipas dinding murah ini selalu sejuk dirumah anda

  axis by caragratis @ October, 16 2017 07:54 [balas komentar] [lapor]

terimakasih sangat bermanfaat, baca juga cara dapat pulsa gratis axis

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren