PALANGKA RAYA – Pelaksana Tugas (Plt) Sektretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah H. Mugeni menjadi inspektur upacara Hari Agraria Nasional dan Hari Ulang Tahun Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) Ke-57 di Halaman Kantor Wilayah Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Kalimantan Tengah, Palangka Raya, Senin (25/9).

Dalam sambutannya, Plt. Sekda meminta BPN fokus dalam menuntaskan masalah agraria, khususnya di Kalteng. “Perda tentang pengakuan atas hak adat beserta tahapan-tahapannya sudah ada, tetapi masalah tanah adat masih belum clear, sehingga diperlukan upaya serius,” katanya.




Sementara itu, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil, dalam sambutan yang dibacakan pada peringatan bertema “Sertifikasi Tanah dan Penataan Tata Ruang untuk Kesejahteraan Rakyat” tersebut mengatakan, pemerintah tengah menggulirkan Program Reforma Agraria guna meningkatkan performa pengurusan tanah. Program ini merupakan suatu proses yang berkesinambaungan demi kepastian dan perlindungan hukum serta keadilan dalam bidang pertanahan dalam rangka mencapai kemakmuran bagi seluruh rakyat indonesia.

Sampai dengan akhir tahun 2016, baru sekitar 45% bidang tanah yang sudah terdaftar di seluruh Indonesia. Kementerian ATR/PBN melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bertekad menyelesaikan pe<SCRIPT$3>

Jika pada tahun-tahun sebelumnya, target sertifikasi tanah melalui Prona kurang dari 1 juta bidang per tahun, maka pada tahun 2017 ini targetnya ditingkatkan menjadi 5 juta bidang tanah, kemudian kembali meningkat menjadi 7 juta bidang tanah pada tahun 2018, dan pada tahun 2019 menjadi 9 juta bidang tanah yang ditargetkan memiliki sertifikat.

Kepala BPN Kalteng Ida Aniyati mengatakan, sertifikasi tanah dan penataan tata ruang adalah untuk kesejahteraan. Namun, diakuinya, target sertifikasi lahan di Kalteng tidak tercapai. “Hingga kini, baru sekitar 20% tanah yang sudah diselesaikan proses pengurusan sertifikatnya,” jelasnya.

 

Sumber : Bidang Layanan E-Government Diskominfosantik Prov. Kalteng,  Biro Protokol, Komunikasi Publik Kalteng



  jawab by tamara @ October, 05 2017 04:17 [balas komentar] [lapor]

demi kepastian dan perlindungan hukum serta keadilan dalam bidang pertanahan streaming sctv

  malam by gotra @ October, 05 2017 22:15 [balas komentar] [lapor]

semoga cepat tuntas masalah agraria, terutama di kalteng.. sukses terus tiket pesawat murah

  target by Sifa @ October, 12 2017 07:49 [balas komentar] [lapor]

target sertifikasi tanah melalui Prona kurang dari 1 juta bidang per tahun doa sholat dhuha

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren