SAMPIT – Kalimantan Tengah dengan tanahnya yang subur diharapkan kelak akan menjadi daerah penghasil buah-buahan. Demikian disampaikan Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran saat melakukan panen perdana di kebun buah Lintang Batang yang berlokasi di di Desa Bukit Batu, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, Minggu (8/10) siang. Pembangunan lahan seluas 20 hektare itu mendapat dukungan dari Program CSR PT Bumitama Gunajaya Agro (BGA Group).

Gubernur meminta perkebunan sawit di Kalteng mengikuti langkah BGA Grup. “Saya minta perkebunan sawit di Kalteng, melalui program CSR, untuk menanam berbagai buah agar Kalteng ke depannya bisa menjadi penghasil buah. Tanah kita yang subur agar dimanfaatkan dengan maksimal," katanya.

Gubernur yakin jika pola semacam ini dikembangkan, sepuluh tahun ke depan bukan tidak mungkin Kalteng bisa menjadi penghasil buah-buahan. Tidak hanya meminta perusahan lain untuk menggalakan tanaman buah seperti ini, Gubernur juga berencana menyiapkan lahan 2 hingga 5 ribu hektare untuk kebun buah yang didukung program CSR perusahaan.

 

 

Head of Corp Affair BGA Wilayah Kalteng, Zainal Mustofa mengatakan, lokasi agribisnis ini merupakan wadah untuk masyarakat dalam mempelajari pertanian hortikultura. “Ada gazeebo dan perpustakaan agribisnis sederhana dari BGA Group untuk meningkatkan pengetahuan di bidang Hortikultura,” paparnya.

Zainal menjelaskan, keberadaan kebun buah ini akan membantu petani plasma sawit untuk memperoleh penghasilan tambahan, sekaligus mengurangi ketergantungan Kalteng terhadap pasokan buah dari Jawa. Menurutnya, berdasarkan hasil kajian survei awal, kebun bibit buah-buahan dinilai cukup berhasil dalam menerapkan pertanian berbasis teknologi hortikultura.

Jenis tanaman buah yang ditanam dikebun buah Lintang Batang sendiri, antara lain kelengkeng, jambu madu deli, jambu klutuk, mangga, durian, dan jeruk lemon.
Seluas 18 hektare dari total 20 hektare lahan yang dibangun 3 tahun lalu ini sudah ditanami. Sedangkan 2 hektare sisanya yang merupakan lahan rawa, akan dimanfaatkan untuk pengembangan perikanan. Program jangka panjang CSR BGA Group adalah pembuatan kebun dengan jenis buah yang berbeda di setiap desa.
Dua kali dalam sepekan, hasil kebun akan dipasarkan dengan harga bervariasi.

Selain Desa Bukit Batu, Gubernur juga mengunjungi Desa Parit, Kecamatan Cempaga Hulu yang dikelola PT TASK, Kawasan Kebun Raya di Jl. Jend. Sudirman Km. 29 yang nantinya akan dikelola PT Agro Bukit, dan Kecamatan Mentaya Hilir yang dikelola PT Menteng.

Sementara itu, Puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia Ke-37 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2017 diselenggarakan di Stadion 29 November Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Minggu (8/10) pagi.

Dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Hardy Rampay, Gubernur mengungkapkan, sebagai penghasil beras, Kalteng telah mempertahankan surplus selama 14 tahun berturut-turut. BPS memperkirakan, surplus beras kalteng akan sebesar 172.239 ton pada tahun 2017 ini. Namun, Gubernur menambahkan, keberhasilan itu perlu diikuti komoditas lainnya, seperti palawija, sayuran, dan buah-buahan.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 3 hari itu diikuti sekitar 500 peserta dari 14 kabupaten/kota. Kegiatan kali ini mengambil tema "Sukseskan Program Kalteng Berdaulat Pangan untuk Menuju Kalimantan Tengah Berkah" dan "Menggerakkan Generasi Muda dalam Membangun Pertanian Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia" untuk skala nasional. Puncak peringatan tersebut juga dihadiri Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Hj. Agustiah Ningsih Habib Said, Bupati Kotawaringin Timur H. Supian Hadi, Wakil Bupati Kotawaringin Timur H. Muhammad Taufiq Mukri, Bupati Katingan Sakariyas, Wakil Bupati Lamandau M. Sugiyarto, dan Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang.

 

 

Sumber : Bidang Layanan E-Government Diskominfosantik Prov. Kalteng,  Biro Protokol, Komunikasi Publik Kalteng

 



  penghasil buah by Sifa @ October, 12 2017 07:39 [balas komentar] [lapor]

untuk menanam berbagai buah agar Kalteng ke depannya bisa menjadi penghasil buah doa qunut

  Bagus by akati @ October, 15 2017 08:54 [balas komentar] [lapor]

Amin..Semoga tercapai, menjadi daerah penghasil buah-buahan... Yalla Shoot

  3 by caragratis @ October, 16 2017 07:58 [balas komentar] [lapor]

sangat bermanfaat sekali, baca juga cara dapat pulsa gratis 3

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren