GUNUNG TIMANG – Menteri Pertanian Amran Sulaiman meninjau Sentra Produksi Jagung di Desa Batu Raya II, Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara, Selasa (14/11).Didampingi Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran dan Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Kalteng Hamdani, kedatangan Mentan tersebut disambut Bupati Barito Utara Nadalsyah dan Masyarakat Adat Barito dengan Upacara Potong Hompon.
 
 
 
Di hadapan para petani, Mentan mengungkapkan bahwa usaha untuk menyejahterakan petani merupakan intruksi langsung dari Presiden. "Ini karena kecintaan Presiden terhadap rakyat, khususnya petani Indonesia. Jangan pernah sakiti petani. Itu pesan Bapak Presiden," kata Mentan sembari meminta Forkopimda setempat bersinergi dan proaktif mengawal kegiatan ini.
Pemerintah Pusat memberikan dukungan bagi kabupaten berjuluk Iya Mulik Bengkang Turan tersebut untuk menjadi sentra pengembangan komoditas tanaman pangan khususnya jagung di Kateng dengan lahan seluas 52.400 hektare hingga tahun 2020. Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian juga memberikan bantuan lima unit traktor, delapan unit alat untuk pembukaan lahan, dan mesin panen jagung, di sampingPemprov Kalteng yang juga memberikan bantuan bibit dan pupuk.
Menurut Mentan, wilayah Kalteng sangat potensial untuk ditanami jagung karena kondisi alamnya berbukit, khususnya Kabupaten Barito Utara. Mentan berharap perluasan lahan nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan warga, khususnya para petani di daerah ini. Mentan pun mengapresiasi banyaknya petani yang berhasil memperbanyak komoditi jagung, sehingga Barito Utara menjadi daerah swasembada jagung di Kalteng. Kontrol harga jagung sendiri saat ini cukup baik ditingkat petani, yakni berkisar antara Rp 3000 hingga Rp 3200 per kilogram.
Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalteng pun kembali menegaskan komitmennya untuk mengentaskan kemiskinan di Bumi Tambun Bungai. Gubenur meminta aparatur dan pimpinan daerah bersungguh-sungguh dalam bekerjasama untuk rakyat. Gubernur juga menegaskan bahwa semua oknum yang merugikan rakyat harus ditindak.
Sementara itu, Bupati Barito Utara H. Nadalsyah memaparkan beberapa kendala dalam pembangunan sektor pertanian di daerahnya, seperti kawasan APL (Area Peruntukan Lain) yanghanya berkisar 15%; kebijakan pembukaan lahan tanpa bakar yang belum didukung peralatan dan mekanisme pengganti; kelangkaan pupuk yang sering terjadi saat memasuki musim tanam; infrastruktur pertanian seperti jalan usaha tani (JUT), jalan produksi, dan saluran irigasi yang masih terbatas; serta tenaga penyuluh di lapangan yang juga masih terbatas jika dibandingkan dengan luas areal.
 
 
Sumber : Bidang Layanan E-Government Diskominfosantik Prov. Kalteng,  Biro Protokol, Komunikasi Publik Kalteng
 

 



  Tanggapan Komentar by adin @ November, 24 2017 19:46 [balas komentar] [lapor]

Sangat bagus, kami juga mendukung dan semoga aja sukses zakat fitrah

  Motivas Untung sang Pemimpin dan Jajarannya by nofancesta @ November, 25 2017 20:26 [balas komentar] [lapor]

Harus selalu semangat dalam memberdayakan masyarakat. Saya yakin dengan semakin digenjotnya sektor pertanian, semua aspek akan meningkat menyesuaikan dengan ketersediaan pangan yang melimpah khususnya dalam hal ini pertanian jagung.

Tak pernah menyerah adalah kunci dari keberhasilan sebagaimana yang tekah dijelaskan karena Allah maha Kuasa. Oleh karena itu jangan pernah menyerah karena surat kuasa dari Allah tak pernah melenceng.

 

  Menjadi Lebih Baik by Wiedha922 @ December, 01 2017 04:16 [balas komentar] [lapor]

Semoga saja Barito Utara bisa menjadi pusat tanaman jagung di kalimantan tengah dan hasil panennya bisa diekspor ke luar negeri.. dns_probe_finished_bad_config

  Semoga Sukses by garong77 @ December, 04 2017 19:44 [balas komentar] [lapor]

 Semoga Barito Utara dapat menjadi penghasi Jagung unggul yang dapat memenuhi kebutuhan jagung Nasional. Salam

Respiratory Therapist

  Sukses by akati @ December, 08 2017 06:20 [balas komentar] [lapor]

sangat bagus, sukses terus ya.. Amin. yalla shoot

  Tingkatkan Kesejahteraan Warga by beard @ December, 13 2017 11:23 [balas komentar] [lapor]

Mentan mengharapkan pelebaran tempat nanti bisa tingkatkan kesejahteraan warga, terutama beberapa petani di daerah ini. Mentan juga mengapresiasi banyak petani yang berhasil perbanyak komoditi jagung, doa sholat dhuha hingga Barito Utara jadi daerah swasembada jagung di Kalimantan tengah.

  pembukaan tempat, by beard @ December, 13 2017 11:27 [balas komentar] [lapor]

 delapan unit alat untuk pembukaan tempat, serta mesin panen jagung, bacaan sholat tasbih di samping Pemprov Kalimantan tengah yang memberi pertolongan bibit serta pupuk

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren