PALANGKA RAYA – Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) diminta berkontribusi secara nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Tengah. Demikian disampaikan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dalam Sosialisasi Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, Rabu (15/11). Menurut Gubernur, optimalisasi pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam bisa meningkatkan pendapatan daerah. Karena itu, pelaksanaaannya tidak boleh bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku.

 
  
Penegakan hukum terhadap beberapa kasus penyalahgunaan wewenang yang menjadi cikal bakal adanya pungutan liar dinilai belum optimal. Efek pungutan liar pun tidak hanya dirasakan masyarakat, tetapi juga dirasakan oleh pemerintah karena sangat menghambat pembangunan, merusak tatanan di masyarakat, dan menurunkan tingkat investasi.
Gubernur mengimbau para peserta sosialisasi agar dapat mengidentifikasi area yang rawan pungli dan mengambil langkah-langkah efektif untuk memberantas praktek tersebut, memperkuat sistem pengendalian intern pemerintah, mengembangkan sistem pelayanan dengan SOP yang jelas dan berbasis teknologi informasi untuk mengurangi pertemuan antara pemberi dan penerima layanan, memberi akses yang luas kepada masyarakat melalui transparansi standar pelayanan dan persyaratan, serta memberikan respon yang cepat terhadap pengaduan dan keluhan masyarakat.
Gubernur menegaskan, integritas aparatur sipil negara dan aparat penegak hukum juga harus ditingkatkan melalui pembinaan mental spiritual, di samping harus diberikan sanksi tegas agar menimbulkan efek jera bagi pelaku pungli. Hingga saat ini, Satgas Saber Pungli Provinsi Kalteng telah melakukan 13 Operasi Tangkap Tangan (OTT) dengan 14 tersangka dan barang bukti seilai Rp 308.659.000. Sedangkan berdasarkan data Ombudsman RI selama 10 bulan, Januari – Oktober 2017, sudah ada 1002 OTT oleh Tim Saber Pungli, dimana 36 persen di antaranya adalah sektor publik di bidang pelayanan, disusul bidang penegakan hukum 20 persen dan pendidikan 18 persen.
Sementara itu, Tim Satgas Saber Pungli Provinsi Kaltengtelah dibentuk berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 188.44/279/2017 tanggal 14 Juli 2017 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Provinsi Kalimantan Tengah. Selain berdasarkan Perpres 87/2016, pembentukan Satgas Saber Pungli Provinsi Kalteng itu juga berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 180/3935/SJ tentang Pengawasan Pungutan Liar.
Pada Oktober 2017, Satgas Saber Pungli Provinsi Kalteng telah melaksanakan sosialisasi Saber Pungli di 14 Kabupaten/Kota. Sosialisasi tersebut akan terus dilakukan secara berkesinambungan, sehingga terbangun suatu iklim pelayanan yang bebas dari pungli.
Kegiatan sosialisasi pekan ini di Palangka Raya diikuti seluruh pimpinan SOPD lingkup Provinsi Kalteng, pelajar, mahasiswa, tokoh masyarakat, dan tokoh agama. Hadir pula Wakil Sekretaris Satgas Saber Pungli Pusat Irjen Pol Gugron yang bertindak sebagai narasumber.
Humas Satgas Saber Pungli Pusat Brigjen TNI Gamal Haryo Putro mengapresiasi Kepala SOPD khususnya dibidang pelayanan publik Provinsi Kalteng yang menyebarkan broadcast kampanye anti pungli sebagai langkah awal pemberantasan pungli. “Patut diapresiasi dan saya nilai sudah cukup bagus sebagai antisipasi pungli,” katanya.
 
 
 
 
Sumber : Bidang Layanan E-Government Diskominfosantik Prov. Kalteng,  Biro Protokol, Komunikasi Publik Kalteng

 



  Ikut Menyimak Infonya by adin @ November, 24 2017 19:53 [balas komentar] [lapor]

Semangat pak, pungli harus segera di bersihkan doa qunut

  Satgas Saber Pungli Propinsi Kalimantan tengah by Sifa @ November, 26 2017 17:29 [balas komentar] [lapor]

Satgas Saber Pungli Propinsi Kalimantan tengah sudah lakukan 13 Operasi Tangkap Tangan (OTT) dengan 14 tersangka serta tanda bukti seilai Rp 308. 659. 000. Sedang berdasar pada data Ombudsman RI sepanjang 10 bln., Januari – Oktober 2017, nonton tv online telah ada 1002 OTT oleh Tim Saber Pungli, di mana 36 % salah satunya yaitu bidang umum di bagian service, disusul bagian penegakan hukum 20 % serta pendidikan 18 %.

  Palangka Raya dibarengi by Sifa @ November, 26 2017 17:32 [balas komentar] [lapor]

Aktivitas sosialisasi minggu ini di Palangka Raya dibarengi semua pimpinan SOPD lingkup Propinsi Kalimantan tengah, pelajar, mahasiswa, tv online indonesia tokoh orang-orang, serta tokoh agama. Ada juga Wakil Sekretaris Satgas Saber Pungli Pusat Irjen Pol Gugron yang melakukan tindakan jadi narasumber.

  Usut Tuntas by republik @ November, 26 2017 20:54 [balas komentar] [lapor]

 Harus diberikan sanksi bagi yang suka melakukan pungutan liar, kami di SEO Republik membenarnya adanya pungutan luar tersebut.

Apalagi, saat mengunjungi http:///www.tasrepublik.com dipastikan tidak ada pungutan liar disana.

  Perempuan Yang Sedang Dalam Pelukan by Muhe @ November, 27 2017 20:36 [balas komentar] [lapor]

Tak terasa gelap pun jatuh  

Di ujung malam menuju pagi yang dingin

 nama bayi perempuan islami

  SOPD Lingkup Propinsi Kalimantan Tengah by Sifa @ November, 28 2017 20:58 [balas komentar] [lapor]

Aktivitas sosialisasi minggu ini di Palangka Raya dibarengi semua pimpinan SOPD lingkup Propinsi Kalimantan tengah, pelajar, mahasiswa, tokoh orang-orang, doa qunut serta tokoh agama. Ada juga Wakil Sekretaris Satgas Saber Pungli Pusat Irjen Pol Gugron yang melakukan tindakan jadi narasumber.

  Big action by jualqncjellygamat39 @ December, 09 2017 14:00 [balas komentar] [lapor]
  Pembinaan Mental Spiritual by Sifa @ November, 28 2017 21:03 [balas komentar] [lapor]

integritas aparatur sipil negara serta aparat penegak hukum harus juga ditingkatkan lewat pembinaan mental spiritual, doa sebelum tidur di samping mesti diberi sangsi tegas supaya menyebabkan dampak kapok untuk aktor pungli. Sampai sekarang ini,


Pilih Halaman : ( 1 ) | 2 |

Mari Berpartisipasi


Ikut berpartisipasi dengan mengirimkan artikel maupun berita sangat diharapkan demi kemajuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sebelumnya Anda harus melakukan login/mendaftar terlebih dahulu sebagai User.

pusbindiklatren