Sekda Hadiri Sosialisasi Sebangau Programme

PALANGKA RAYA -  Borneo Nature Foundation (BNF) gelar sosialisasi Sebangau Programme dengan tema "Upaya bersama untuk pelestarian bentang alam Sebangau : Penelitian, konservasi dan pemberdayaan masyarakat", bertempat di Luwansa Hotel, Kota Palangka Raya, Kamis (28/2/2019).

Turut hadir Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Sekda Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri, S.Hut., M.P, perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, unsur yang mewakili Pemerintah Prov. Kalteng dan Pemerintah Kota, praktisi lingkungan, LSM, stakeholder, tokoh masyarakat, peserta sosialisasi dan para tamu undangan. 

(Baca Juga : Gubernur Sampaikan Capaian Pemprov Kalteng)

BNF merupakan organisasi yang bergerak pada bidang konservasi, riset, serta edukasi yang berpusat di Kota Palangka Raya, Kalteng. BNF mempunyai tujuan untuk melindungi ekosistem alam serta tradisi kehidupan lokas di Kalteng dengan mempromosikan pengelolaan alam yang berkelanjutan. Hal diatas dapat diraih melalui beberapa program seperti advokasi, edukasi, peningkatan kapasitas, pengembangan komunitas, perlindungan serta restorasi habitat yang semuanya terbangun melalui riset ilmiah yang mendalam.

Program Sebangau sudah berjalan lama dilakukan di hutan Sebangau melalui kerjasama dengan CIMTROP Universitas Palangka Raya. Kawasan ini merupakan kawasan hutan rawa gambut tropis yang seringkali mengalami kebanjiran dimana sebagian wilayahnya yang mengalami ekspansi masif dan merupakan salah satu wilayah dengan penyimpanan karbon terpenting.

Sekda menyampaikan, tercapainya keberhasilan pembangunan dan pengelolaan lingkungan hidup serta sumber daya alam Kalteng merupakan upaya kolektif Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota bersama-sama dengan banyak pihak termasuk praktisi lingkungan, kalangan akademisi, sektor swasta dan masyarakat.

Oleh karena itu mari kita bersama-sama secara sinergis untuk mendukung pembangunan di Bumi Tambun Bungai menuju Kalteng Berkah, saya harapkan dalam acara sosialisasi ini dapat menjadi ruang diskusi yang dapat meningkatkan adanya kerjasama semua pihak di masa mendatang dan pihak BNF dapat menyampaikan tentang hasil kegiatan yang telah dilakukan dan rencana kerja kedepan kepada seluruh peserta sosialisasi sehingga semua pihak dapat memberikan masukan dan arahan serta sinergitas seandainya ada kegiatan bersama dan ikut berkontribusi nyata dan positif dalam mengatasi permasalahan lingkungan khusunya di Kalteng, tutup Fahrizal Fitri. (ARP/Foto:YDS)

 

 

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

Kepala Daerah