You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Bunda PAUD Kalteng Membuka Secara Resmi Sosialisasi Penguatan PAUD HI & Persiapan PTM Terbatas

  • 14 September 2021 11:25
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 37 kali.

Palangka Raya - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran membuka secara resmi Sosialisasi Penguatan PAUD HI & Persiapan PTM Terbatas. Kegiatan ini dihadiri secara virtual dari Aula Serbaguna Istana Isen Mulang, Selasa (14/9/2021). Sosialisasi ini digelar oleh Dinas Pendidikan Prov. Kalteng dalam rangka Penguatan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) dan persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas Tahun 2021.

Ivo Sugianto Sabran dalam arahannya menyampaikan pendidikan usia dini sangat memerlukan peranan yang penting dalam perkembangan pada masa yang akan datang, akan tetapi juga PAUD berperan penting dalam pembangunan suatu Bangsa. Tentunya dalam mendukung pemenuhan esensial anak, ada beberapa hal yang paling penting diantaranya hak akan pendidikan, kesehatan, perlindungan dan pengasuhan, kesejahteraan anak dengan pendekatan Holistik Integratif yang tentunya melibatkan Satuan PAUD, keluarga, masyarakat, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Kunjungi SMAN 2 Katingan Hilir)

(Baca Juga : Kalteng Dijadikan Ketahanan Pangan Nasional, Mentan Lakukan Peninjauan di Desa Terusan Makmur Kab. Kapuas)

Program pengembangan anak usia dini HI merupakan sebuah upaya Pemerintah untuk menghadirkan layanan yang komprehensif sebagai upaya sebagai upaya memenuhi kebutuhan esensial anak usia dini. Program ini tentunya juga hadir sebagai wujud nyata Negara dalam pemenuhan hak anak. Program ini diharapkan terjadi kerjasama lintas sektoral di Pusat dan di Daerah dalam hal pemenuhan esensial anak. Diharapkan melalui pertemuan ini, akan memberikan penguatan bagi Bunda PAUD dan jajaran baik di Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Kalteng untuk memprogramkan PAUD HI sebagai upaya pemenuhan kebutuhan esensial anak dan juga meningkatkan kualitas PAUD di Daerah masing-masing.

Ivo mengingatkan, meskipun sedang dalam masa pandemi Covid-19, PAUD tetap harus dilaksanakan, karena PAUD sangat penting sebagai dasar pendidikan karakter, akhlak, berpikir kritis dan  kreatifitas anak. Tenaga pendidik juga diharapkan mampu berpikir kritis dan kreatif untuk menuntuk anak-anak yang masih masih usia dini menjadi generasi muda yang berkualitas dan memiliki karakter yang berakhlak mulia.

“Untuk itu, pendidikan harus tetap berlangsung, meskipun saat Covid-19, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan”, pungkas Ivo.

Kegiatan ini dihadiri oleh . Plt. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng Ahmad Syaifudi serta Bunda PAUD Kabupaten/ Kota didamping oleh Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten/Kota, Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Kelurahan/Desa secara virtual dari tempat masing-masing.(wdy/foto:Tomi)

 

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster