You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Komnas Perempuan Kunjungi Dinsos Prov Kalteng

  • 07 Oktober 2021 17:35
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 52 kali.

Palangka Raya – Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) melakukan kunjungan dan audiensi ke Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng), Rabu (06/10/2021). Kunjungan Komnas Perempuan dalam rangka melaksanakan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan Sistem Peradilan Pidana Terpadu Kasus Kekerasan terhadap Perempuan (SPP-PKKTP) di wilayah Prov. Kalteng.


Rombongan Komnas Perempuan dipimpin oleh Komisioner Komnas Perempuan Theresia Iswarini didampingi 3 orang anggota Badan Pekerja Komnas Perempuan. Kedatangan Komnas Perempuan di Dinas Sosial Prov. Kalteng diterima langsung oleh Plt. Kadinsos Prov. Kalteng Farid Wajdi didampingi Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial, Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas, Pekerja Sosial Anak, Dokter, dan staf.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng : Pemerintah Wajib Hadir di Tengah Masyarakat yang Terdampak Bencana)

(Baca Juga : Wakil Gubernur Kalteng Hadiri Rapat Paripurna ke-4 Masa Persidangan II Tahun Sidang Tahun 2021)

Farid Wajdi menyampaikan hal yang paling penting dalam penagangan kasus kekerasan terhadap perempuan adalah kesamaan pandangan bagi semua stakeholders termasuk masyarakat didalamnya untuk berperan serta dalam menekan angka kekerasan terhadap perempuan.

“Kami apresiasi kunjungan dari Komnas Perempuan ke Kalteng, banyak hal yang bisa kami diskusikan bersama, terkhusus bagaimana upaya dan langkah preventif terhadap kekerasan terhadap perempuan”, pungkas Farid.

Nampak audiensi berlangsung dalam suasana yang sangan hangat. Pada sesi diskusi terjadi tukar menukar informasi dan pengalaman antara kedua belah pihak, khususnya mengenai proses penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan. Komnas Perempuan memberikan apresiasi yang baik kepada Pemprov. Kalteng yang telah berusaha membantu para perempuan yang mejadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), korban pelecehan seksual, korban tindak kekerasan, dan korban perdagangan orang melalui Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Dinas Sosial, dan memberikan pendampingan saat para korban menjalani proses di pengadilan.

Hasil dari audiensi ini akan menjadi bahan Komnas Perempuan dalam memberikan masukan bagi penyempurnakan peraturan dan kebijakan yang mendukung upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan, serta perlindungan, penegakan dan pemajuan hak-hak asasi perempuan.

Setelah acara audiensi selesai dilanjutkan peninjauan ke Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) “Barigas” milik Dinas Sosial Prov. Kalteng yang beralamat di Jl. Rajawali VII No. Palangka Raya. Komnas Perempuan menilai bahwa fasilitas di RPTC sudah cukup bagus dan memenuhi standar untuk memberikan pelayanan kepada perempuan yang menjadi korban tindak kekerasan.(AS/Sumber:Dinsos Kalteng)

 

 

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster