ASN Diminta Tingkatkan Kinerja di Tahun 2018

PALANGKA RAYA –Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah diharapkan meningkat pada tahun 2018. Demikian diungkapkan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam Apel Besar di Halaman Kantor Gubernur yang digelar selepas libur tahun baru, Selasa (2/1).

Dalam apel yang juga dihadiri Wakil Gubernur Kalteng Habib Said Ismail, Plt. Sekretaris Daerah Mugeni, para pejabat Pemprov Kalteng lainnya, dan ratusan ASN tersebut, Gubernur juga berharap serapan anggarandi tahun 2018 bisa mencapai 100% dengan komitmen yang kuat. Sedangkan terkait Pilkada serentak yang melibatkan 10 kabupaten dan 1 kota di Kalteng pada tahun 2018, Gubernur berharap pesta demokrasi itu dapat berjalan dengan jujur dan adil sehingga menghasilkan pemimpin yang mengayomi dan bisa menggerakkan masyarakatnya.

(Baca Juga : Gubernur Instruksikan Pembentukan Tim Terpadu Pencegahan Karhutla)

Pada kesempatan itu, Gubernur juga kembali mengingatkan agar pemerintah bisa mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, serta ASN menjaga moralitas dan tanggungjawab dalam menjalankan tugas. Selain itu, diharapkan ada inovasi-inovasi dalam pelaksanaan tugas internal maupun eksternal, di samping adanya harmonisasi dan terpeliharanya keberagaman dalam membangun Kalteng makmur.

Para ASN pun diminta lebih disiplin dan tidak bermalas-malasan sehingga menggangu produktivitas. "Kalau sudah istirahat atau selesai kerja, silakan mau apa. Tapi kalau masih jam kerja, saya tekankan hindari bersantai. Saya tidak mau ada yang bermalas-malasan, apalagi main game atau jaringan internet saat jam kerja," tegasnya.

Bagi yang tidak mengikuti apel besar dengan alasan tidak jelas, Gubernur akan memberikan teguran atau bahkan memberikan sanksi. Evaluasi tahunan juga akan dilakukan terhadap pegawai kontrak. Sedangkan bagi ASN setingkat kepala dinas, kepala bidang, maupun kepala seksi, akan dilakukan job fit atau penilaian oleh gubernur.

Pelaksanaan apel besar kali ini diakhiri dengan penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2018 kepada kepala dinas/badan di lingkungan Pemprov Kalteng. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan rapat koordinasiantara Gubernur dan Wakil Gubernur dengan jajaran pimpinan SOPD Kalteng.

Sementara itu, saat malam pergantian tahun yang dipusatkan di Bundaran Besar Palangka Raya,Gubernur didampingi Kapolda Kalteng, Danrem 102/Pjg, dan unsur Forkopimda lainnya, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama membaur bersama masyarakat untuk menyambut tahun baru 2018. Gubernur beserta sejumlah pejabat dan para tokoh hadir setelah menggelar acara ramah tamah dan doa bersama lintas agama di Istana Isen Mulang.

Dalam sambutannya, Gubernur mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Palangka Raya khususnya dan Kalteng pada umumnya yang telah memeriahkan malam pergantian tahun dengan tertib. Gubernur pun berharap pada tahun 2018 Kalteng menjadi lebih baik. “Mari kita bersama-sama membangun Kalteng, selamat tahun baru 2018," ucap Gubernur yang kemudian dilanjutkan dengan pesta kembang api.

Sebelumnya, Gubernur dengan berkendara motor memantau pengamanan malam pergantian tahun. Pada kesempatan tersebut, Gubernur didampingi Kapolda Kalteng, Danrem 102/Pjg, serta unsur FKUB Kalteng. Adapun tiga lokasi yang menjadi titik pantau adalahGereja Katedral Paroki Santa Maria Palangka Raya, Gereja Sion Palangka Raya, dan Pos Pengamanan Bundaran Besar Palangka Raya.

Gubernur mengimbau masyarakat Kalteng untuk menjaga kebersamaan saat perayaan Natal dan Tahun Baru.Menurut Gubernur, untuk membangun Kaltengdiperlukan keharmonisan.Hal ini menjadi salah satu visi dan misi Kalteng Berkah agar Kalteng tidak tertinggal dari provinsi lainnya.

Kepala Daerah