Kerukunan Beragama untuk Pembangunan Kalteng

PALANGKA RAYA –Keluarga besar Kementerian Agama di Kalimantan Tengah serta seluruh komponen masyarakat diminta memberikan dukungan kepada Pemerintah Provinsi Kalteng agar mampu memaksimalkan potensi sumber daya alam untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Hal itu disampaikan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat didaulat menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-72 Tingkat Provinsi Kalteng di Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Palangka Raya, Rabu (3/1).

Menurut Gubernur, dukungan tersebut antara lain dengan menjaga kerukunan umat beragama. “Perbedaan suku dan agama tidak perlu dipertentangkan. Kerukunan dan kedamaian diperlukan pemerintah daerah dalam membangun masyarakat Kaltengyang lebih sejahtera,”paparnya.

(Baca Juga : Delegasi Nepal Lakukan Kunjungan Kerja ke Kalteng)

Dalam upacara yang antara lain diikuti para ASN Kemenag, dosen perguruan tinggi keagamaan, guru Madrasah, dan siswa MAN Kota Palangka Raya itu, Gubernur juga membacakan sambutan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Dalam sambutannya, Menteri Agama antara lain menjelaskan bahwa menjaga kerukunanhidupantarumatberagama merupakan salah satu misi penting Kemenag. Selain itu, sesuai dengan tema peringatan kali ini, yakni "Tebarkan Kedamaian", maka Menteri Agama mengajak seluruh ASN Kemenag dan semua komponen umat beragama di Tanah Air agar bersama-samamen jadi Duta Penebar Kedamaian. “Marilahkita buktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan yang menentramkan.

Dalam damai akan tercipta negeri yang tenteram dan sejahtera. Pesan kedamaian ini makin terasa penting untuk digaungkan agar kita tidak terjerembab dalam kubangan perseteruan dan jebakan permainan atas nama agama,” tegasnya.

Kepala Daerah