Menteri Agama Resmikan Asrama Haji Al Mabrur Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Menteri Agama RI Lukman Hakim Syaifudin meresmikan gedung baru asrama haji Al Mabrur yang berlokasi di Jalan G Obos, Palangka Raya, Jumat (4/5). Menag menekankan bahwa fasilitas hotel bintang 3 adalah standar minimal asrama haji. “Kita ingin seluruh asrama haji minimal bertaraf hotel bintang 3. Hal ini agar calon jemaah haji bisa beradaptasi dan tidak kerepotan ketika berada di Arab Saudi karena fasilitas hotel di sana rata-rata berstandar internasional atau minimal bintang 4,” jelasnya.

Meski demikian, Menag bersyukur karena indeks kepuasan terhadap pelayanan jemaah haji setiap tahun terus mengalami peningkatan. Sebanyak 156 hotel di Makkah telah disewa untuk jemaah haji asal Indonesia tahun ini yang mencapai sekitar 204 ribu orang. Selain Makkah, hotel-hotel di Madinah juga akan disewa bagi jemaah haji asal Indonesia.

(Baca Juga : MoU Pilkada Damai Ditandatangani)

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah Masrawan mengungkapkan bahwa pembangunan asrama haji Al Mabrur yang berdaya tampung 186 jemaah tersebut menggunakan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) 2016 senilai Rp 40 miliar. Pihaknya berharap Menteri Agama mengalokasikan anggaran untuk pembangunan lanjutan asrama haji Al Mabrur.

Sementara itu, selain asrama haji, kegiatan kali ini juga diidi dengan peresmian Gedung Balai Nikah dan Aula Manasik Haji se-Kalteng, serta Gedung Triple Tower Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya.

Kepala Daerah