You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Pemprov. Kalteng Ikuti Audiensi Penerapan Sistem Merit Sebagai Program Prioritas Nasional

  • 18 Juni 2020 10:37
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 55 kali.

Palangka Raya - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Sekda Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mengikuti Audiensi secara Virtual bersama Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) perihal Penerapan Sistem Merit Sebagai Program Prioritas Nasional, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024, bagi pengelola kepegawaian di wilayah kerja Kantor Regional VIII BKN bertempat di Aula Eka Hapakat Lt.III Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (18/06/2020).

Acara dibuka langsung oleh Kepala KASN Agus Pramusinto.

(Baca Juga : Pemprov Kalteng Lakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan Dengan Kanwil BPN Prov. Kalteng dan PemKab/Kota Dengan Kantor Pertanahan se-Kalteng)

Turut hadir mengikuti rapat di tempat terpisah secara virtual Inspektur Prov. Kalteng Sapto Nugroho dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Prov. Kalteng Katma F. Dirun.

Agenda Rapat diantaranya paparan materi oleh Anggota KASN Koordinator Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah I Sri Hadiati Wara Kusriani dan Asisten KASN Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah I.

Tujuan penerapan sistem merit yakni untuk merekrut ASN yang profesional, berintegritas dan menempatkan mereka pada jabatan-jabatan birokrasi Pemerintah sesuai kompetensinya.

Selain itu, tujuan penerapan sistem merit yakni untuk mempertahankan ASN melalui pemberian kompensasi yang adil dan layak, mengembangkan kemampuan ASN melalui bimbingan diklat dan melindungi karier ASN dari politisasi dan kebijakan yang bertentangan dengan prinsip merit yakni nepotisme, primordialisme dan favoritisme.

Terdapat 8 aspek yang menjadi penilaian dan kondisi ideal penerapan sistem merit diantarannya perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karier, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, pengajian/penghargaan dan disiplin, perlindungan dan pelayanan serta sistem informasi.

Sistem merit dalam rencana RPJMN 2020-2024, terwujudnya Indonesia berpenghasilan menengah-tinggi yang sejahtera, adil dan berkesinambungan.

Sasaran sistem merit dalam rencana RPJMN 2020-2024 yakni terwujudnya tata kepemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa yang berdasarkan hukum serta birokrasi yang profesional dan netral.

Sementara, arah kebijakan sistem merit dalam rencana RPJMN 2020-2024 yakni memperkuat implementasi manajemen ASN berbasis merit.

Tiga strategi yang digunakan pada sistem merit dalam rencana RPJMN 2020-2024, pertama, penerapan manajemen talenta Nasional.

Kedua, pengawasan dan evaluasi penerapan sistem merit dalam bentuk penguatan kapasitas pengawasan dan evaluasi implementasi sistem merit.

Terakhir, penguatan kebijakan kesejahteraan ASN dalam bentuk kebijakan intensif untuk ASN di Daerah 3T yakni tingkat resiko pekerjaan tinggi dan bertalenta (high performance) serta kebijakan golden shakehand untuk penataan PNS.(Foto:Asep)

 

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

(https://mmc.kalteng.go.id/berita/read/11856/pemprov-kalteng-ikuti-audiensi-penerapan-sistem-merit-sebagai-program-prioritas-nasional)

gallery

Poster