You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Mendagri M Tito Karnavian Pimpin Rakor Kesiapan Pilkada Dan Rakor Penanganan Covid-19 di Kalteng

  • 19 Juli 2020 10:49
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 108 kali.

MMCKalteng – Palangka Raya - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian pimpin langsung Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 untuk  Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng serta Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur dan Rakor penanganan Covid-19, bertempat di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Minggu (19/07/2020).

Rakor ini dihadiri Pejabat Eselon I Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Anggota Forkopimda, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ketua Badan Pengawas Pemili (Bawaslu),  Sekretaris Daerah, Bupati dan Walikota se-Kalteng, serta para Asisten Setda dan Kepala Perangkat Daerah Terkait. Hadir secara terpisah  melalui virtual Video Conference, Wakil Bupati dan Wakil Walikota didampingi Ketua KPU, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten/ Kota serta pejabat terkait di Daerah masing-masing.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Meninjau Pos Jaga Pemeriksaan Kesehatan Orang Yang Masuk Kewilayah Kota Palangka Raya)

Laporan awal Ketua KPU Provinsi Kalteng Harmain Ibrohim dan Ketua Bawaslu Provinsi Kalteng Satriadi, melaporkan kepada Mendagri bahwa Kalteng dalam kondisi siap melaksanakan Pilkada, terlebih dana Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) telah dikucurkan Pemerintah Provinsi Kalteng sudah terealisasi 100 persen.

Sementara, Gubernur H. Sugianto Sabran dalam laporannya menyampaikan, bahwa langkah-langkah dalam penyiapan Pilkada telah dilaksanakan dengan baik, dan Kalteng telah siap melaksanakan tahapan Pilkada, dengan tetap memperhatikan  Protokol kesehatan Covid-19. Disisi lain, H. Sugianto Sabran juga melaporkan keadaan terkini kasus Covid-19 di Kalteng, dan mengatakan yakin akan mampu mengakhiri Covid-19, dengan kebersamaan semua elemen masyarakat, serta upaya- yang telah dan akan terus dilakukan Pemerintah.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai juga melaporkan langkah-langkah kesiapan yang telah dilakukan Pemerintah Daerah dalam penyiapan Pilkada, yakni pada tanggal 8 Juli 2020 telah melakukan penyerahan dana berdasarkan NPHD 100% kepada KPU, Bawaslu dan unsur pengamanan sebesar ± 390,8 Miliar. Hal ini dilakukan akibat terjadinya pandemi Covid-19 sehingga selanjutnya dilakukan penyesuaian/ penambahan anggaran dari dana APBD untuk pihak keamanan.

Langkah berikutnya yakni, Pemerintah Daerah telah membentuk Desk Pilkada Provinsi dan Kabupaten/ Kota dan menyediakan anggaran untuk operasional Desk secara proporsional. Selain itu, juga sudah melaksanakan sosialisasi Pilkada untuk meningkatkan partisipasi pemilih baik secara daring/online, sosialisasi secara langsung dan penyebaran leaflet, spanduk, baliho untuk dapat menjangkau daerah yang masuk blankspot area.

Pemerintah Daerah juga telah melakukan refocusing anggaran semua kegiatan dalam rangka mengedepankan protokol kesehatan termasuk setiap tahapan pilkada dan berkoordinasi intensif dengan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk menjamin ketahanan ekonomi daerah tetap stabil pada saat pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020. Selain itu, Pemerintah Daerah juga selalu berkoordinasi dan melaksanakan monitoring ke setiap desk pilkada Kabupaten/ Kota terkait kendala dan kesiapan yang dihadapi dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Selanjutnya, Pemerintah Daerah juga telah menyiapkan aplikasi yang akan membantu/mendukung kelancaran dalam menghimpun data hasil Pilkada (Web dan Aplikasi Desk Pilkada) dan selalu berkoordinasi dengan pihak keamanan dalam upaya cipta kondisi aman, tertib dan kondusif bagi masyarakat. Pemerintah Daerah terus berupaya mengantisipasi penyebaran isu sara, hoax maupun ujaran kebencian melalui sosial media.

Terakhir, Pemerintah Daerah selalu berkoordinasi dengan membangun komunikasi yang efektif, memberdayakan secara optimal keberadaan forum-forum seperti Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK), Forum Bela Negara (FBN), Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat guna mensukseskan Pilkada Serentak 2020.

Mendagri Muhammad Tito Karnavian, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap langkah-langkah strategis yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalteng, baik dalam penyiapan Pilkada, maupun upaya-upaya dalam penanganan kasus Covid-19 di Kalteng. Menurut Mendagri, apa yang telah dilakukan cukup maksimal, sehingga Kalteng benar-benar siap menyelenggarakan Pilkada , maupun penanganan Covid-19.(AS/ Foto: Yudis)

 

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster