Kepengurusan APPSI Dilantik, Gubernur Kalteng Koordinator Wilayah Kalimantan

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengukuhkan Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) untuk sisa masa bhakti tahun 2018-2019 di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (2/7). Kali ini, sebanyak delapan Gubernur dilantik sebagai Dewan Pengurus APPSI, di mana Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran ditetapkan sebagai Koordinator Wilayah Kalimantan.

Selain Gubernur Kalteng, ketujuh Gubernur lainnya yang dilantik, antara lain Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola sebagai Wakil Ketua Umum, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno sebagai Ketua I Bidang Hukum dan Pemerintahan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Ketua II Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat, Gubernur Banten, Gubernur Kepulauan Riau, Gubernur Gorontalo, serta Gubernur Papua Barat. Adapun Gubernur Jawa Timur Soekarwo, merupakan Ketua Umum dari kepengurusan APPSI yang dikukuhkan pekan ini. Gubernur Jatim menggantikan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo sebagai ketua sebelumnya.

(Baca Juga : Kunker di Kobar, Gubernur Sambangi Perkebunan Sawit dan Pasar)

Sementara itu, pada hari yang sama, Mendagri juga mengukuhkan Dewan Pertimbangan APPSI. Dalam hal ini, sebanyak lima Gubernur, yakni Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Gubernur Kalimantan Selatan, Gubernur Sulawesi Utara, dan Gubernur Sulawesi Barat.

Mendagri berpesan bahwa dengan pengukuhan berdasarkan Surat Keputusan Nomor 008/APPSI/V/2018 tanggal 2 Mei 2018 ini, kepengurusan APPSI yang baru diharapkan dapat berkontribusi dalam penyelenggaraan pemerintahan serta menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

Acara pengukuhan ini selanjutnya dirangkai dengan rapat kerja APPSI dan halal bihalal Mendagri dengan Gubernur seluruh Indonesia. Menurut Mendagri, pemerintah dapat melayani masyarakat secara optimal. “Pemerintah betugas melayani rakyat. Untuk itu, saya berharap pemerintah dapat bersinergi agar dapat melayani masyarakat secara optimal,” kata Mendagri.

Senada, Gubernur Kalteng berharap APPSI dapat berperan maksimal dan ia juga akan berusaha maksimal sebagai komunikator kepentingan Kalimantan di tingkat nasional.

Kepala Daerah