You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Sekda Kalteng Hadiri Penutupan Bulan Inklusi Keuangan Prov. Kalteng Tahun 2020

  • 09 November 2020 16:11
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 81 kali.

Palangka Raya - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Sekda Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya menghadiri acara penutupan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Prov. Kalteng Tahun 2020, bertempat di Aula Eka Hapakat Lt. III Kantor Gubernur Kalteng, Senin (09/11/2020).

Acara dimulai dengan sambutan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Prov. Kalteng Otto Fitriandy yang menyatakan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan hingga saat ini kondisi sektor jasa keuangan di Prov. Kalteng dalam kondisi baik dan beberapa indikator pertumbuhan positif. Di wilayah Prov. Kalteng salah satu fungsi dalam rangka pelaksanaan tugas OJK adalah fungsi perlindungan konsumen kepada masyarakat.

(Baca Juga : Pemprov Serahkan Tiga Raperda kepada DPRD Kalteng)

Bulan Kegiatan Inklusi ini bertujuan untuk pemulihan program ekonomi Nasional dan dibagi dua besaran kegiatan yaitu yang bersifat pemberdayaan, peningkatan akses keuangan kepada UMKM serta kegiatan lomba untuk meningkatkan minat dan interaksi beberapa kegiatan yang terkait dengan program pemberdayaan UMKM. Pertama, "Palaku Jumat" atau pasar virtual pelaku UMKM, yang merupakan kegiatan setiap hari Jumat selama bulan Oktober guna mengumpulkan para pelaku UMKM untuk memperhatikan secara online melalui media juga disiarkan secara langsung melalui berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Youtube untuk memasarkan produknya selayaknya di pasar tradisional.

Selain itu, kegiatan ini digelar guna untuk peningkatan literasi keuangan secara umum dan dilakukan berbagai jenis lomba yaitu lomba penulisan artikel bagi akademisi guru dan dosen dengan Tema peran OJK dan jasa keuangan daerah untuk pemulihan ekonomi Nasional, lomba video sekolah dasar "menabung itu aku", lomba stand up comedy, lomba live instagram challenge serta lomba virtual ride. Dengan berbagai kegiatan tersebut diharapkan masyarakat dan seluruh potensi usia dini dapat mengenal dan menggunakan produk dari lembaga jasa keuangan formal sehingga terhindar dari yang berpotensi merugikan masyarakat antara lain pinjaman online legal investasi bodong serta berbagai bentuk penipuan lainnya.

Sambutan tertulis Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya yang disampaikan oleh Sekda Prov. Kalteng Fahrizal Fitri menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kantor OJK Prov. Kalteng, serta seluruh Lembaga Jasa Keuangan yang telah sukses turut meramaikan Bulan Inklusi Keuangan Tahun 2020 di Prov. Kalteng.

“Secara Nasional bulan Oktober telah ditetapkan sebagai Bulan Inklusi Keuangan, kami sangat berharap tingkat literasi dan inklusi masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah dapat meningkat dan melampaui target inklusi di atas 90% pada akhir tahun 2024”, tutur Fahrizal Fitri.

Berbagai kegiatan di Bulan Inklusi Keuangan ini dikemas secara sangat menarik dan interaktif, agar masyarakat mau mempelajari dan menggunakan produk dari Lembaga Jasa Keuangan formal, sehingga diharapkan dapat membantu masyarakat, supaya terhindar dari industri keuangan yang tidak legal dan sangat merugikan bagi masyarakat.

“Dalam kondisi Pandemi Covid-19 saat ini, membuat kita harus lebih kreatif, dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang membawa manfaat kepada masyarakat dan mampu menggerakan ekonomi secara berkesinambungan serta dapat kita jadikan sebagai salah satu bukti, bahwa pandemi tidak menyurutkan semangat kita untuk bersama-sama membangun Kalimantan Tengah”, imbuhnya.

Fahrizal Fitri berharap kegiatan ini juga dapat dilakukan secara berkesinambungan, tidak hanya oleh OJK, tetapi oleh seluruh instansi yang berwenang. Diharapkan juga, meskipun kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan, maka dinilai perlu dilakukan evaluasi agar kegiatan-kegiatan selanjutnya yang sejenis dapat terlaksana dengan lebih baik dan tepat sasaran.

Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2020 seluruhnya bertema tentang industri jasa keuangan, yang tentunya dapat memotivasi para kaum milenial untuk dapat lebih mempelajari industri keuangan. Rangkaian kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian secara simbolis 20.000 rekening pelajar (Kejar) dan diakhiri dengan pengumuman dan penyerahan hadiah lomba BIK Tahun 2020 serta foto bersama.(YDS/Foto:Arif)


Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster