You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Plt. Gubernur Kalteng : Jangan Lelah dan Menyerah dengan Pandemi Covid-19

  • 03 Desember 2020 09:18
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 519 kali.

Palangka Raya – Tantangan bidang kesehatan akan selalu berkembang sesuai tuntutan pemenuhan hak setiap warga negara, khususnya masyarakat Kalimantan Tengah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau, baik di perkotaan maupun di pedalaman. Hal itu disampaikan oleh Plt. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya saat membacakan sambutannya pada Rapat Kerja Bidang Kesehatan (Rakerbidkes) yang dilaksanakan di Aula Jayang Tingang, Kamis (3/12/2020).

Rapat yang bertemakan Penguatan Promotif Preventif Kesehatan Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 ini digelar dalam rangka meningkatkan fasilitas layanan kesehatan yang ada di Kalteng. Saat ini Provinsi Kalteng sedang mempersiapkan pembangunan Rumah Sakit Tipe A sebagai upaya memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan yang diharapkan ke depannya dapat menjadi pusat rujukan Regional pulau Kalimantan.

(Baca Juga : Gubernur Ajak Masyarakat Merefleksikan dan Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Agama Dalam Memperkokoh Persatuan, Kesatuan Serta Persaudaraan)

Selain itu,  dalam upaya percepatan cakupan kesehatan semesta (UHC) Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Program Kartu Kalteng Berkah (KKB) telah menyediakan anggaran untuk premi jaminan kesehatan masyarakat Kalteng yang kurang mampu. Sedangkan untuk tahun 2021, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga membayarkan Iuran Penerima Bantuan Iuran (PBI) untuk 564.866 Jiwa pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Perlu saya ingatkan saat ini kita masih terus berjuang dalam mengadapi masa pandemi Covid-19. Dalam beberapa waktu terakhir kasus positif dan kasus kematian meningkat tajam, bahkan beberapa tenaga kesehatan telah gugur selama penanganan Covid-19,” ucap Habib.

Untuk itu, Habib menghimbau agar masyarakat Kalteng terus berjuang dan bekerja keras dalam menghadapi masa Pandemi Covid-19. Habib berpesan agar masyarakat tidak lelah dan menyerah dengan keadaan tersebut.

“Kepada seluruh tenaga kesehatan dimanapun berada khususnya yang berada pada garda terdepan di fasilitas-fasilitas kesehatan serta yang berada di lapangan, kami mengapresiasi sebesar-besarnya atas segala perjuangan dan kerja tulus serta memberikan dukungan dalam perjuangan,” kata Habib.

Habib juga mengajak masyarakat Kalteng untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan dengan menerapkan 4 M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. “Semoga pandemi covid-19 ini segera berakhir,” harapnya.

Di akhir sambutannya, Habib berharap Rakerbidkes hari ini dapat memberi manfaat bagi pembangunan kesehatan di Kalteng dan Nasional. “Jangan pernah lelah, jangan pernah surut membangun Kalimantan Tengah. Jayalah NKRI-Jayalah Kalimantan Tengah, Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila,” tutupnya.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng dr. Suyuti Syamsul, MPPM, Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya dr. Yayu Indriaty, SP, KGA, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Direktur Rumah Sakit Daerah Kabupaten Kota, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten/Kota, Seluruh Sekretaris, Kepala Bidang dan Kepala Seksi Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Seluruh pejabat Eselon III dan IV pada RSUD Provinsi/Kabupaten/Kota, Pejabat Eselon III dan IV Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah serta Kepala Puskesmas dan Labkesda Kabupaten/Kota se-Kalimantan. Hadir secara virtual Kepala BPPSDM Kemenkes RI, Dirjend. P2, Dirjend. Farmasi dan Alkes, Dirjend. Kesehatan Masyarakat, Dirjend. Pelayanan Kesehatan, Ketua Harian Gugus Tugas Pemerintah Prov. Kalteng dan Seksi Sidang. (Rkh / Foto: Feri )

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster