You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Sekda Kalteng Hadiri Penandatangan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama Pemprov Kalteng dengan Kodam XII/ Tanjungpura dan Korem 102/ Panju Panjung

  • 24 Februari 2021 16:50
  • Dibagikan oleh Layanan E-Government
  • Dibaca 74 kali.

Palangka Raya – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menghadiri Penandatangan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng dalam hal ini adalah Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Prov. Kalteng dengan Kodam XII/ Tanjungpura dan Korem 102/ Panju Panjung. Acara ini digelar di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (24/02/2021).

“Alhamdulillah, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya yang tak terbatas, pada hari ini kita sekalian dapat menghadiri secara langsung acara Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama Pelaksanaan Program Intensifikasi dan Ekstensifikasi Lahan pada Lokasi Food Estate di Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2021 dalam keadaan sehat wal afiat” ucap Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal mengawali Sambutannya saat membacakan Sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

(Baca Juga : Tinjau Vaksinasi Massal di Muara Teweh, Wapres Tekankan Pentingnya Prokes)

(Baca Juga : Gubernur Tegaskan Komitmen Perang Terhadap Narkoba)

Fahrizal Fitri menyampaikan salah satu agenda strategis Presiden Republik Indonesia (RI) adalah mewujudkan lumbung pangan di Kalteng melalui pengembangan Kawasan Food Estate di Kalteng, dimulai dari swasembada pangan yang secara bertahap diikuti dengan peningkatan nilai tambah usaha pertanian secara luas untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Upaya pencapaian swasembada dapat dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu dengan peningkatan Indeks Pertanaman, provitas sawah-sawah eksisting melalui intensifikasi lahan dan penambahan baku lahan sawah melalui ekstensifikasi di Kalimantan Tengah masih dimungkinkan karena potensi lahan masih cukup luas.


 Sekretaris Daerah Prov. Kalteng menyambut baik dukungan Pemerintah Pusat untuk menjadikan Prov. Kalteng Lumbung Pangan Nasional melalui program Intensifikasi dan Ekstensifikasi Lahan.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah kami menyambut baik dukungan pemerintah pusat untuk menjadikan Provinsi Kalimantan Tengah Lumbung Pangan Nasional melalui program Intensifikasi dan Ekstensifikasi Lahan”, tutur Fahrizal Fitri.

“Pada tahun 2020 yang lalu kita telah menyelesaikan intensifikasi lahan seluas 30.000 Ha di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau dan pada tahun 2021 ini dilanjutkan dengan ekstensifikasi seluas + 22.000 Ha dan intensifikasi seluas + 40.000 Ha dengan dukungan dari TNI Angkatan Darat dalam hal ini Kodam XII/ Tanjung Pura dan Korem 102/ Panju Panjung”, tambahnya.

Fahrizal Fitri berharap kerjasama Pemprov. Kalteng dengan Kodam XII/ Tanjungpura dan Korem 102/ Panju Panjung dapat mewujudkan hasil yang bermanfaat luas bagi petani dan masyarakat Kalteng, sekaligus mendorong percepatan upaya Pemerintah menjadikan Provinsi Kalimantan Tengah sebagai Lumbung Pangan Nasional.

Turut hadir Direktur Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian  Kementerian Pertanian Sarwo Edy, Komandan Korem 102/ Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Wakil Asisten Teritorial KASAD Brigjen Toto Nurwanto mewakili Kodam XII/Tanjung Pura, Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat Letkol Inf M. Azhari, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Prov. Kalteng Hj. Sunarti, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau Slamet Untung Riyanto, dan Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Aswan. (WDY/Foto:Agung)

Sumber : MMC Kalteng, Layanan E-Government Diskominfo Prov. Kalteng

gallery

Poster